Breaking News
Home / Berita / Prodi Gizi Gelar Seminar Bertema “Youth Against Diabetes”

Prodi Gizi Gelar Seminar Bertema “Youth Against Diabetes”

FKM NEWS – Prodi S1 Ilmu Gizi menggelar seminar dengan tema “Youth Against Diabetes – Jaga Pola Makan, Capai 4 Jengkal Lingkar Perut Terhindar dari Diabetes”. Acara tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Gizi yang bekerjasama dengan salah satu produk snackbar ternama di Indonesia. Acara yang digelar pada tanggal 26 April 2018 di Aula Sumarto Fakultas Kesehatan Masyarakat ini diikuti oleh tidak kurang dari 120 mahasiswa dan praktisi gizi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi kesehatan di Surabaya. Seminar ini bertujuan untuk mengajak anak muda di Surabaya dan sekitarnya untuk melakukan tindakan pencegahan diabetes.

Seru. Acara yang diadakan oleh Prodi Gizi didukung oleh SoyJoy.

Kegiatan diawali dengan pembukaan serta sambutan yang diberikan oleh Triska Nindya Susila, SKM., MPH selaku Dosen dan Sekretaris Program Studi Ilmu Gizi FKM Unair. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Prof. Merryana Adriani, SKM., M.Kes terkait dengan modifikasi makanan untuk mengoptimalkan asupan gizi. Dalam paparannya, beliau menjelaskan tentang pentingnya mengatur pola makan baik dari segi jadwal hingga proporsi zat gizi makro dan variasi pengolahan bahan makanan agar asupan zat gizi bisa optimal.

Sebelum memasuki materi kedua, para peserta diajak untuk bermain games oleh panitia terkait dengan tema seminar. Selain permainan, panitia juga membagikan berbagai hadiah menarik untuk para peserta.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh dr. Hermina Novida Sp.PD terkait dengan mengenal dan mencegah penyakit metabolik diabetes mellitus. Beliau memaparkan mulai dari definisi, jenis, penyebab, dan cara pencegahan diabetes, hingga cara pengobatan agar tidak terjadi komplikasi pada penderita diabetes. Para peserta sangat antusias menyimak pemaparan materi dari kedua narasumber dibuktikan dengan banyaknya peserta yang ingin bertanya. Panitia kembali memberikan hadiah kepada para peserta yang bertanya.

Selain seminar, pada acara kali ini juga tersedia cek gula darah bagi para peserta. Sebelum berakhir, para peserta diajak kembali melakukan beberapa permainan dan pembagian doorprize oleh panitia. Kegiatan diakhiri pada pukul 13.00 WIB dengan sesi foto bersama.

 

Reporter/Dokumentasi: M. Rizal
Editor: Ilham A. Ridlo

Lihat juga

Free! Ada Web Corner di FKM UNAIR

FKM NEWS – Dunia yang semakin modern dan teknologi yang semakin canggih, membuat manusia harus …

%d blogger menyukai ini: