Aneka Kreasi Bisnis Unik dan Kreatif Mahasiswa Fkm Meriahkan Bazar Kewirausahaan

FKM NEWS – Selalu ada hal yang menarik dari mata kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR). Jika pada mata kuliah dasar media, mahasiswa dituntut untuk bisa membuat sebuah pertunjukan. Kali ini, mata kuliah kewirausahaan integrasi menuntut mahasiswa semester 4 S1 ilmu kesehatan masyarakat (IKM) dan S1 Ilmu Gizi membuat sebuah business plan dan merealisasikannya di bazar kewirausahaan yang diadakan pada Jum’at (21/6/2019).

Tidak hanya membuat bisnis, khusus untuk mahasiswa S1 IKM diharuskan untuk membuat bisnis berdasarkan delapan peminatan yang ada. Yaitu peminatan administrasi dan kebijakan kesehatan, gizi, kesehatan reproduksi, promosi kesehatan dan ilmu perilaku, kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, epidemilogi dan biostatistika.  Berikut, beberapa kreasi unik dan kreatif hasil kerja keras mahasiswa.

Read : FKM Unair Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa untuk Kuasai Media

Salip, Safety Slipper

Salip adalah produk dari kelompok K3 kelas IKM B angkatan 2017. Yaitu sebuah sandal yang didesain untuk keselamatan kerja, khususnya untuk para petani ketika berada atau bekerja di sawah. Berawal dari keresahan anggota kelompok yang seringkali melihat para petani tidak memakai alas kaki ketika bekerja di sawah.

“Untuk itu, kami mulai merancang desain sandal yang sekiranya nyaman untuk mereka (petani, red) gunakan ketika bekerja dan tentunya yang bisa menghindarkan mereka dari luka akibat benda tajam,” jelas Meita dan Hestya, anggota kelompok tersebut.

Postman Bag

Postman Bag, produk tas yang dibuat dari banner bekas. Merupakan karya dari salah satu kelompok PKIP kelas IKM B 2017 dengan memberdayakan penjahit sekitar.

“Kita lihat di senat BEM itu banyak tumpukan banner bekas kegiatan. Dari itu kami memiliki ide untuk membuat banner tersebut menjadi sesuatu yang bermakna, salah satunya adalah postman bag dan kami juga bermitra dengan penjahit guna memampukan mereka agar mendapat income yang lebih,” jelas Nala, salah satu anggota kelompok.

Menurut Nala, produk tersebut memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah, tas yang muat banyak barang dan anti air.

Lingkaran Gizi

Lingkaran Gizi merupakan karya dari kelompok Gizi kelas IKM C 2017. Mengambil tema buah-buahan, Clara, salah satu anggota kelompok menjelaskan bahwa pada lingkaran gizi tersebut mereka mencoba untuk mengenalkan kandungan apa saja yang ada pada buah-buahan dengan cara yang menarik.

Event Organizer Sekolah Pra-Nikah

Tidak hanya barang, banyak pula ide bisnis yang berupa jasa.  Salah satunya adalah ide bisnis dari kelompok kesehatan reproduksi kelas IKM A 2017 yaitu event organizer sekolah pra nikah.

“Sekolah pra nikah ini adalah salah satu upaya preventif untuk menurunkan angka kejadian perceraian dan kami berperan sebagai fasilitator,” jelas Andini, salah satu anggota kelompok.

Tidak hanya empat empat ide bisnis diatas saja. Masih ada banyak ide bisnis menarik dari para mahasiswa seperti zero waste starter pack dari salah satu kelompok kesehatan lingkungan IKM B 2017, penyedia aplikasi hallo ambulance dari salah satu kelompok epidemiologi, easy research dari salah satu kelompok biostatistika serta masih banyak lagi.

Dr. Ernawaty drg., M.Kes, atau yang akrab disapa Erna menjelaskan tujuan dari diharuskannya untuk membuat bisnis terkait delapan peminatan tersebut adalah untuk membuah mahasiswa paham bahwa disetiap bidang terdapat peluang bisnisnya. Begitupun pada setiap peminatan yang ada di FKM UNAIR.

“Tujuan kita untuk memperkenalkan peminatan ini adalah, supaya mahasiswa tahu, paham dan yakin di setiap peminatan kita bisa mengembangkan kewirausahaan dan ada bisnis yang bisa dilakukan untuk setiap area peminatan itu,” jelas Erna, penanggung jawab mata  kuliah (PJMK) kewirausahaan integrasi S1 IKM tersebut.

 

Penulis : Galuh Mega Kurnia
Editor : Ilham Aksanu Ridlo

 

 

 

 

About the author

Webmaster dan Editor-in-Chief FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: