Home / Berita / Antusias Lansia Desa Punggur dalam Mengikuti Senam Lansia pada Posyandu Lansia

Antusias Lansia Desa Punggur dalam Mengikuti Senam Lansia pada Posyandu Lansia

FKM NEWS – Jumat (03/01/20) Pondok Kesehatan Desa (PONKESDES) Desa Punggur, Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro melakukan kegiatan rutin yaitu posyandu lansia. Posyandu lansia pada awal tahun itu berkolaborasi dengan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) FKM UNAIR. Berbeda dengan posyandu biasanya, kali ini susunan acara dan konsep acara yang dilaksanakan disusun langsung oleh mahasiswa PKL Desa Punggur dibantu oleh bidan desa yakni bidan Ririn dan juga kader.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan satu bulan sekali itu di ikuti oleh sekitar 50 lansia yang berada di Desa Punggur. Diawali dengan pengecekan berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, dan juga pengecekan tekanan darah, antusias warga lansia untuk datang ke posyandu membuat mahasiswa PKL dan juga kader sedikit kewalahan pada saat pengecekan.

Dilanjut dengan pemberian edukasi mengenai gizi lansia, Miranda Magda Enjelia mahasiswa semester 5 FKM UNAIR yang merupakan peserta PKL menjadi pemateri pada kegiatan rutin itu.

“Pentingnya menjaga pola makan dan makan makanan yang bervariasi setiap harinya bertujuan agar kebutuhan nutrisi untuk tubuh tercukupi,” ungkapnya.

Selain pengecekan berat badan dan edukasi, juga dilaksanakan senam lansia. Senam lansia sebelumnya masih jarang dilakukan, hal itu membuat warga lansia sangat berantusias untuk mengikuti senam tersebut. Senam ini dipandu oleh Ulfa yang merupakan peserta PKL kelompok 7 Desa Punggur.

Kegiatan senam bersama Lansia Desa Punggur (Foto : Istimewa)

“Saya senang sekali bisa menjadi isntruktur senam pada kegiatan ini, karena melihat para lansia sangat sumringah dan antusias ketika musik Gemu Fa Mi Re dimainkan, pertanda senam dimulai,” terang Ulfa.

Bertempat di Balai Desa Punggur, kegiatan rutin posyandu lansia berjalan dengan lancar. Dengan harapan untuk kedepannya dapat dilaksanakan senam lansia setiap bulan dan lebih banyak lagi lansia yang sadar akan kesehatannya. Untuk penutup, dilakukan pemeriksaan mata dan pemberian obat.

Penulis: Ulfa Lailatus Sa’adah

Editor : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

About Ulfah Mu'amarotul

Lihat juga

Cegah Hipertensi, PKL Desa Tlatah Adakan Penyuluhan pada Lansia

FKM NEWS – Kamis (16/1/19) tim Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehata Masyarakat (FKM) Universitas …

%d blogger menyukai ini: