Home / Berita / Apa Yang Dibutuhkan Seorang Relawan Bencana?

Apa Yang Dibutuhkan Seorang Relawan Bencana?

FKM NEWS – Sebagai seorang yang akan ke medan bencana, relawan perlu untuk memiliki banyak sifat-sifat positif. Terutama adalah ketangguhan.

Menurut Dr. Atik Choirul Hidajah dr., M.Kes, (Dr. Atik) kepala departemen epidemiologi FKM UNAIR seorang relawan harus tangguh. Karena medan yang akan dihadapi oleh relawan nanti akan sangat berat. Jika jiwanya tidak tangguh untuk bisa berada di lingkungan terdampak bencana, bagaimana seorang relawan dapat memberi pertolongan.

“Tidak main-main bekerja di daerah bencana. Perlu untuk mempunyai orang-orang yang siap baik fisik maupun mental. Suka menolong, empati dan hal-hal baik lainnya,” terang Dr. Atik.

Berdasarkan pengalaman yang dilalu oleh Hamzah ketika ditugaskan di Pandeglang, banyak hal yang menarik dan miris terjadi disana. Salah satunya adalah ketika Hamzah bertemu dengan pengungsi ketika melakukan pelayanan kesehatan.

“Saya banyak menjumpai warga yang patah tulang tetapi tidak mau dirujuk dan banyak juga warga yang tekanan darahnya 140 hingga 200 dan yang mereka rasakan hanya pusing biasa,” ucap Hamzah.

Pengalaman tersebut lebih membuka mata Hamzah. Yaitu ketika di lokasi bencana dirinya bisa melihat semua aspek yang ada di masyarakat. Utamanya adalah gotong royong, saling bahu membatu agar daerah tersebut bangkit.

Untuk teman-teman yang akan pergi mengabdi menjadi relawan, Hamzah berpesan agar tetap semangat mengabdi, meniatkan apa yang dilakukan sebagai ibadah. Begitu pula dengan Dr. Atik yang berpesan agar calon relawan memiliki kompetensi yang cukup untuk pergi ke lokasi.

Dr. Atik juga berharap, mahasiswa dapat menjalankan misinya dengan baik.. Kondisi bencana yang sekarang terjadi merupakan laboratorium nyata bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2019/01/17/ingin-jadi-relawan-berikut-hal-yang-perlu-diperhatikan/

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Ikut GAD BEM UNAIR, APHSA Sosialisasikan Manajemen Kesehatan Lingkungan dan Ekobrik

FKM NEWS – Airlangga Public Health Student Association (APHSA) atau himpunan mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas …

%d blogger menyukai ini: