Home / Berita / Bedah Buku KIA, Mahasiswa FKM Ajak Ibu Hamil Dalami Informasi Terkait Kehamilan

Bedah Buku KIA, Mahasiswa FKM Ajak Ibu Hamil Dalami Informasi Terkait Kehamilan

FKM NEWSMahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Desa Donan, FKM UNAIR menjadi pemateri pada kelas ibu hamil yang dilaksanakan pada Rabu (15/1/2020). Kegiatan dilakukan di Balai Desa, Desa Donan, Kecamatan Purwosari.

Terdapat tiga mahasiswa yang menjadi pemateri pada kelas tersebut. Yaitu Innaha Ilma Wardaya (Ilma) yang memaparkan informasi terkait Buku KIA. Hasnur Zalsabila (Bella) memaparkan informasi terkait aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Galuh Mega Kurnia (Galuh) memaparkan informasi terkait gizi pada masa kehamilan.

Selain itu, Ilma juga menerangkan pada ibu bahwa dalam buku KIA terdapat banyak informasi yang berguna bagi ibu hamil. Yaitu informasi selama kehamilan hingga setelah bayi lahir.

“Pada bab kehamilan diulas terkait dengan pemeriksaan selama kehamilan, perawatan sehari-hari ibu hamil hingga tanda bahaya kehamilan,” jelas Ilma.

Bella menjelaskan bahwa ketika hamil sebaiknya ibu tidak melakukan pekerjaan berat. Meskipun begitu, teradapat beberapa gerakan ringan yang bisa ibu lakukan seperti senam kehamilan.

Sebagai upaya untuk mencegah stunting, Galuh menjelaskan bahwa terdapat periode 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). Yaitu masa dimana janin masih dalam kandungan hingga bayi berusia 2 tahun.

“Selama masa kehamilan, terdapat beberapa nutrisi yang perlu untuk dipenuhi oleh ibu hamil. Yaitu karbohidrat, protein, lemak, asam folat, zink, dan kalsium,” terang Galuh.

Tidak hanya mahasiswa PKL. Bidan desa setempat, Bu Yanti, juga memberikan materi terkait dengan risiko tinggi kehamilan.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

About galuhmegakurnia

Lihat juga

klikdokter.com

Benarkah Masker Scuba Tidak Efektif Menangkal Covid-19?

FKM NEWS – Sampai saat ini angka penderita Covid-19 masih terus meningkat di berbagai negera, …

%d blogger menyukai ini: