Home / Artikel Populer / Berpengaruh Terhadap Kesehatan Hati, Limbah Batik Harus Dikelola dengan Baik

Berpengaruh Terhadap Kesehatan Hati, Limbah Batik Harus Dikelola dengan Baik

FKM NEWS – Proses produksi batik diindikasikan menggunakan bahan kimia sintetis. Bahan pewarna sintetis yang digunakan mengandung logam berat, diantaranya adalah Cadmium (Cd) dan Cuprum (Cu). Limbah cair industri batik di Kota Pekalongan sebagian belum dikelola dengan baik. Limbah batik biasanya dialirkan ke saluran air hujan yang selanjutnya dialirkan menuju sungai.

Untuk itu, Tri Marthy Mulyasari melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembuangan air limbah batik terhadap kadar Cd dan Cu air sungai, air sumur gali, dan darah serta keluhan kesehatan masyarakat di Kota Pekalongan. Jenis penelitian adalah penelitian observasional analitik dengan desain  cross-sectional study.

Sampel penelitian sebanyak 16 orang untuk tiap kelompok terpajan dan tidak terpajan yang diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, regresi linier ganda, dan regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pembuangan air limbah batik  terhadap kadar Cd air sungai (p= 0,000 dan b= 0,746), dan terhadap kadar Cu air sungai (p = 0,000 dan b = 0,834). Pengaruh kadar Cd air sungai terhadap kadar Cu air sumur gali (p = 0,004 dan b = 0,283), pengaruh kadar Cu air sungai terhadap air Cu air sumur gali tidak dapat dianalisis. Pengaruh kadar Cd air sumur gali terhadap kadar Cd darah (p = 0,000 dan b = 0,901), pengaruh kadar Cu air sumur gali terhadap kadar Cu darah tidak dapat dianalisis.

Pengaruh kadar Cd darah terhadap keluhan kesehatan hati (p = 0,009 dan PR = 17,043 > 1) dan terhadap keluhan kesehatan tulang (p = 0,009 < 0,05 dan nilai PR 24,139 > 1). Pengaruh kadar Cu darah terhadap keluhan kesehatan hati (p = 0,004 < 0,05 dan nilai PR = 1,009 > 1).

Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pembuangan air limbah batik terhadap kadar Cd dan Cu air sungai. Ada pengaruh kadar Cd air sungai terhadap kadar Cd air sumur gali. Ada pengaruh kadar Cd air sumur gali terhadap kadar Cd darah. Kadar Cd darah berpengaruh terhadap keluhan kesehatan hati dan tulang, kadar Cu darah berpengaruh terhadap keluhan kesehatan hati.

Sumber : http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57909

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Kesehatan untuk Semesta? Pemerataan Infrastruktur Harus Segera Dituntaskan

FKM NEWS – Permasalahan infrastruktur di daerah tertinggal, terdalam dan (3T) tidak hanya menghambat tenaga …

%d blogger menyukai ini: