Bincang Bersama Arum, Alumni FKM Unair yang Bekerja di Kemendes, PDTT

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) adakan live streaming di akun instagram fkmunair bersama alumni yang bekerja di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes, PDTT) pada Sabtu (10/04/2021). Kali ini, FKM Unair mengundang Ni Luh Putu Arum P. Ati, S. KM untuk sharing mengenai kuliah dan peluang kerja di bidang Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK). Acara sharing ini dimoderatori oleh Alifia Salma, mahasiswa semester 6 program studi S1 Kesehatan Masyarakat peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK).

Saat sesi perkenalan, Arum menyebutkan bahwa Ia merupakan Aparatur Sipil Negara di Kemendes PDTT sebagai analis pemberdayaan masyarakat.

“Saat ini saya menjabat sebagai analis pemberdayaan di bidang penyerasian pembangunan kesehatan dan gizi keluarga di desa tertinggal. Tugas dan fungsinya yaitu menyiapkan perumusan kegiatan, monitoring dan evaluasi,“ jelas Arum dalam live instagram.

Menurut Arum sebagai lulusan Kesehatan Masyarakat, tantangan yang dihadapi ketika di dunia kerja yaitu mempertanggungjawabkan gelar keilmuan yang kita punya. Lalu, bagi Arum hal yang dapat dibanggakan sebagai seorang S. KM yaitu terkait dengan pembelajaran proses manajemen, bagaimana input, proses, output maupun impact. Hal ini sudah didapat saat proses pembelajaran saat sebelum masuk ataupun saat dipeminatan AKK. Sedangkan, orang lain harus belajar dahulu mengenai hal ini.

Dalam sharing ini, Arum juga membagikan bagaimana tips untuk lolos Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Proses seleksi CPNS ini kan panjang yaa. Yang harus dipersiapan pertama kali yaitu untuk tes tulis, dengan cara perbanyak latihan soal. Kita juga harus sering buka website resmi agar dapat informasi mengenai lowongan yang buka. Selain itu, kita juga harus tau mengenai bidang yang kita lamar. Nah, kebanyakan orang itu juga menyepelekan mengenai dokumen administrasi, padahal ini hal yang paling awal dan penting. Jadi, setiap proses harus kita persiapkan dengan detail,” jelas Arum.

Arum berpesan kepada adik-adik tingkatnya agar siap di dunia kerja dengan cara memiliki value yang menonjol dan berbeda dengan yang lain. Selain itu, attitude yang baik dan integritas yang tinggi dapat menjadikan nilai diri dalam beradaptasi dengan orang banyak.

Penulis : Vina Himmatus Sholikhah

About the author

Kontributor FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: