Home / Capaian UKAKES

Capaian UKAKES

Capaian UKAKES

Ukakes sebagai lembaga di bawah dekan FKM unair, yang mengkoordinir kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi. Capaian kegiatan penelitian dosen dan publikasi setiap tahunnya cenderung meningkat. Penelitian dan pengmas yang dilakukan oleh dosen harus mempunyai ouput (luaran) berupa laporan penelitian, publikasi, buku ajar dan hak kekayaan intelektual (Haki) atau hak paten.

 

 

Gambar 1. Capaian penelitian dan pengabdian masyarakat tahun 2017-2019

 

Gambar 1 menggambarkan trend capaian penelitian dan pengabdian masyarakat tahun 2017 sampai tahun 2019. Seluruh penelitian dan pengabdian masyarakat melibatkan seluruh stakeholder terkait dengan topik yang sesuai dengan penelitian dan pengmas. Sumber dana penelitian dan pengmas terdiri dari dana internal unair dan sumber dana kerjasama dengan pemerintah, NGO dan perusahaan. Pada kegiatan penelitian dan pengmas yang sumber pendanaan berasal dari luar rkat fkm unair, seperti penelitian dan pengmas kompetisi nasional dari DRPM Kemenristek Dikti, LPDP, Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, rumah sakit, bahkan ada kerjasama penelitian dengan universitas luar negeri (University of Western Australia, Ubon Ratchathani Rajabhat University, Universitate Lucien Blaga din Sibiv, The University of Rodhe Island,  Nachonsawan Campus, Mahidol university, National Cheng Kung University, Taiwan, Griffith University, Avinashilingham Home Science India ).

 

Gambar 2. Capaian publikasi di jurnal nasional, jurnal internasional, buku dan Haki

Gambar 2 menggambarkan capaian publikasi dari kegiatan penelitian dan pengmas. Publikasi ini merupakan luaran wajib yang harus dilaporkan setiap tahunnya. Capaian publikasi berupa artikel di jurnal internasional terindeks scopus mencapai persentase terbesar karena luaran ini adalah luaran wajib dari kegiatan penelitian. Gambar 3 menggambarkan Fakultas Kesehatan Masyarakat menduduki rangking ketiga capaian publikasi jurnal internasional terindeks scopus tingkat universitas.

 

Gambar 3. Capaian publikasi scopus Universitas Airlangga (Januari-Februari 2020)