Home / Berita / Cegah DBD, PKL Desa Gapluk Lakukan Pemeriksaan Jentik Nyamuk

Cegah DBD, PKL Desa Gapluk Lakukan Pemeriksaan Jentik Nyamuk

FKM NEWS – Turut serta dalam kegiatan rutin Puskesmas Purwosari untuk membrantas jentik nyamuk menjelang musim penghujan, Kelompok Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Desa Gapluk, Kecamatan Purwosari melakukan pemeriksaan jentik nyamuk di lingkungan rumah warga setempat pada Selasa (31/12/2019).

Pemeriksaan jentik nyamuk dilakukan bersama perawat Desa Gapluk Bapak Rohmat di empat dusun yaitu Dusun Bakalan, Dusun Gapluk, Dusun Balurung, dan Dusun Gadung. Kegiatan itu disambut antusias oleh warga setempat dengan melakukan kerja bakti di lingkungan rumah masing-masing.

Kegiatan itu juga disertai dengan pemberian penyuluhan mengenai cara menguras air bak kamar mandi. Pemberian penyuluhan dilakukan karena masih minimnya air di Desa Gapluk akibat musim kemarau.

“Ada cara yang tepat untuk menguras bak kamar mandi kalau sumber air sulit keluar, pertama pindahkan dulu air yang di bak mandi ke tempat lain dengan menggunakan alat penyaring, kalau tidak punya bisa menggunakan kain, lalu bak mandi di sikat agar telur-telur nyamuk yang menempel di dinding bak mandi mati, selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih,” ungkap Bapak Rohmat saat memberikan penyuluhan.

Bapak Rohmat menyebutkan bahwa pemeriksaan jentik nyamuk di lingkungan rumah warga penting untuk dilakukan karena sudah terdapat tiga kasus DBD yang menyerang anak-anak menjelang musim penghujan ini.

Nadya Putri Dewanti, selaku anggota PKL Desa Gapluk mengungkapakan bahwa kegiatan 3M Plus harus terus dilaksanakan agar tidak terjadi peningkatan kasus DBD di Desa Gapluk, kegiatan tersebut jangan hanya dilakukan sekali pada saat menjelang musim penghujan saja tetapi harus berkelanjutan. (*)

Penulis : Yasmin Nihayatun Nadzifah

Editor : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

About Ulfah Mu'amarotul

Lihat juga

Pentingnya Pemahaman Terkait COVID-19 dan Dampaknya Pada Anak, Serta Implementasi 3M yang Baik dan Benar di Masa Pandemi

  Pada Jum’at (2/10/20), Gerakan Peduli Ibu dan Anak Sehat Membangun Generasi Cemerlang Berbasis Keluarga, …

%d blogger menyukai ini: