Home / Berita / Ciptakan Inovasi Platform untuk Disabilitas, Mahasiswa FKM Raih Juara Nasional

Ciptakan Inovasi Platform untuk Disabilitas, Mahasiswa FKM Raih Juara Nasional

FKM NEWS – Pandemi bukan suatu penghalang bagi tiga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) untuk menorehkan prestasi. Tiga mahasiswa tersebut yakni M. Rizky Widodo; Trisna Nurya Majid; dan Salsabila Farah Rafidah.

Mereka berhasil meraih juara tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Special Education in Action (SEASON) 2020 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta. Acara yang diadakan secara daring pada tanggal 9-10 Oktober 2020 tersebut bertajuk “Optimalisasi Kesadaran Ramah Disabilitas di Era Society 5.0”.

Trisna Nurya Majid sebagai salah satu anggota tim FKM UNAIR mengungkapkan, bahwa dalam perlombaan itu tim mereka menggagas ide sebuah platform daring yang bernama DIDGAYA (Disabilitas Gemilang Berdaya). Platform tersebut dibentuk sebagai wadah pengembangan diri yang dilengkapi fitur kolaborasi dan teknologi asitif untuk penyandang disabilitas di era society 5.0.

“Alasan kenapa kami menggagas ide tersebut karena penyandang disabilitas di Indonesia cukup banyak dan mereka tidak banyak yang meneruskan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi sehingga mereka memiliki skill dan kemampuan yang kurang,” ungkap Trisna.

Trisna mengungkapkan bahwa semua persiapan dilakukan secara daring, mulai dari brainstorming ide hingga latihan presentasi. Dalam persiapan lomba tersebut, mereka juga harus membagi waktu dengan baik antara kesibukan kuliah dan organisasi.

Terakhir Trisna berharap bahwa gagasan mengenai platform daring tersebut bisa dikembangkan lebih lanjut. “Saya harap ke depannya nanti, platform daring ini bisa bener-bener dikembangkan lebih lanjut dan bisa mendapatkan pendanaan dari pihak pemerintah ataupun swasta,” pungkas Trisna.

Penulis : Vina Himmatus Sholikhah
Editor : Ulfah Mu’amatorul Hikmah

About Ulfah Mu'amarotul

Lihat juga

Sosialisasi Implementasinya tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Pemeriksaan Kesehatan pada Kelompok Nelayan dan Masyarakat

FKM NEWS- Dengan adanya Peraturan Daerah kota Surabaya yaitu Nomor 2 Tahun 2019 tentang Kawasan …

%d blogger menyukai ini: