Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Department of Occupational Health and Safety

Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan departemen yang mengembangkan ilmu terkait hubungan antara pekerjaan dan lingkungan pekerjaan terhadap kesehatan dan sebaliknya. Di dalamnya tercakup konsep – konsep mengenai usaha promotif, preventif dan protektif sebagai inti pendidikan yang berorientasi akademik profesional.

Keberadaan Departemen K3 saat ini sangat tepat saat semakin tinggi angka kejadian kecelakaan kerja. Berdasarkan beberapa hasil riset angka kematian disebabkan kecelakaan kerja melebihi angka kematian karena karena sebab lain yang selama ini menjadi isu utama dalam bidang kesehatan. Selain itu, adanya tuntutan dari pemerintah RI bagi industri-industri di Indonesia  untuk melaksanakan zero accident.

 

 

Pimpinan Departemen

Dr. Abdul Rohim Tualeka, Drs., M.Kes.

Ketua Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja
More Detail

Meirina E, drh., M.Kes.

Sekretaris Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja
More Detail

Staf Dosen

S2 Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pendidikan Magister (M.KKK)

Menjadi program studi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, dan pelopor pengembangan ilmu kesehatan dan keselamatan kerja berdasarkan moral agama.

Pada awalnya Program studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan salah satu minat studi yang ada pada Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK). Pada tahun 2008 berdasarkan SK. Dirjen Dikti No:853/D/T/2008 resmi dibukalah Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang berlokasi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. dan berdasarkan Keputusan BAN PT No. 010/BAN-PT/Ak-X/S2NII/2012 telah terakreditasi dengan peringkat B pada bulan Juli 2012.

Program Magister Program Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dibuka sebagai salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat khususnya tenaga kerja dengan cara memenuhi kebutuhan akan keahlian Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Keahlian Kesehatan dan Keselamatan Kerja membutuhkan keilmuan di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang mendalam sehingga memerlukan institusi pendidikan untuk mewadahi perkembangan keilmuwannya.

Kontak & Informasi

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Kampus C Mulyorejo, UNAIR 60115
Email: info@fkm.unair.ac.id

Senin – Jumat 8:00 A.M. – 15:00 P.M.

Informasi Sosial Media

Informasi Terkini

Kontak dan Informasi Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 

Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Lantai 3, FKM Unair
Kampus C Mulyorejo 60115

 
EnglishIndonesian