Divisi Promkes dan AHPC Gelar Bincang Sehat Bahas “Apa Itu Promosi Kesehatan?”

FKM NEWS – Pada Minggu (8/8/21), Divisi Promosi Kesehatan bersama Airlangga Health Promotion Center (AHPC), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) telah melaksanakan program bertajuk Bincang Sehat. Dalam kegiatan tersebut topik yang dibahas adalah berkaitan dengan promosi kesehatan.

Terdapat dua narasumber dan satu penanggap yang dihadirkan dalam kegiatan itu. Pertama adalah Oedojo Soedirham dr. MPH., MA., Ph.D. yang memaparkan materi selama kurang lebih 10 menit. Dia menjelaskan bahwa pertama kali munculnya istilah health promotion (promosi kesehatan) adalah saat Ottawa charter pada tahun 1986.

“Intinya, konsep health promotion dalam Ottawa charter adalah sebuah proses untuk memungkinkan seseorang agar dia dapat mengontrol dan meningkatkan kesehatannya sendiri,” jelasnya.

Kemudian, narasumber kedua dalam kegiatan tersebut adalah Ira Nurmala S.KM., MPH., PhD. yang menjelaskan tentang apa saja yang telah dilakukan UNAIR untuk menjadi kampus sehat. Dalam paparannya, dia mengatakan bahwa UNAIR menjadi salah satu universitas yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sebagai agent of change. Hal tersebut dikarenakan UNAIR telah menerapkan beberapa hal yang mengarah pada health promotion university (HPU).

“Karena UNAIR telah ditunjuk sebagai agent of change, maka pada tahun 2020 UNAIR juga membantu Kemenkes RI untuk membuat panduan kampus siaga Covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan terdapat lima hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi kampus sehat. Diantaranya adalah adanya komitmen dan kebijakan pimpinan universitas, staf dan mahasiswa yang sehat, lingkungan sosial dan fisik yang mendukung perilaku sehat, peningkatan kapasitas individu untuk hidup sehat serta adanya kegiatan akademik tentang kesehatan baik dalam hal pendidikan maupun penelitian.

Terakhir adalah pemaparan dari Dr. Rachmat Hargono dr., M.S., M.PH. sebagai penanggap. Dia menyampaikan bahwa  health promotion adalah sebuah kerangka kerja yang telah disetujui oleh World Health Organization (WHO) dan membutuhkan kontribusi banyak pihak yang ahli dalam melaksanakan kegiatan promosi kesehatan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang promosi kesehatan dan cara untuk menaikkan derajat kesehatan. Selain itu, karena kegiatan ini juga di siarkan melalui youtube maka dapat menjadi edukasi berkelanjutan bagi masyarakat. Perlu diketahui bahwa kegiatan ini juga salah satu bentuk untuk mendukung SDGs poin keempat. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma