FKM Unair adakan Kolaborasi Internasional dengan Universiti Putra Malaysia berbasis Community Empowerment

FKM NEWS – Program studi Magister Kesehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) adakan kolaborasi internasional berbasis pemberdayaan masyarakat (community empowerment) dengan Universiti Putra Malaysia (UPM). Pemberdayaan masyarakat tersebut dilakukan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia secara daring dan luring dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan webinar dengan tema besar “Climate Change, Proklim dan COVID-19: dalam Pencapaian SDG’s” pada Kamis (25/02/2021) merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara daring.

Terdapat dua subtema dalam webinar tersebut yaitu “Penguatan Kapasitas Adaptasi dan Mitigasi terhadap Dampak Perubahan Iklim dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca di Wilayah Pedesaan dari Tingkat Tapak RT, RW, Dusun, Desa” yang diisi oleh Dr. R. Azizah, S.H., M. Kes., Dosen Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unair. 

Kemudian, Dr. Lilis Sulistyorini, Ir., M. Kes., Kepala Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unair memberikan materi mengenai “Sosialisasi Upaya Pengendalian COVID-19 di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia”. Selain itu, Prof. Juliana Jalaludin, B.Sc., M.Sc., Ph. D, perwakilan dari Universiti Putra Malaysia juga memberikan materi mengenai climate change dan COVID-19 di akhir sesi webinar.

Acara webinar yang dimulai pukul 10.00 WIB dibuka dengan sambutan dari Dr. Lilis Sulistyorini, Ir., M. Kes. selaku Kepala Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unair. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam terlaksananya kegiatan kolaborasi internasional ini.

Sambutan Dr. Lilis Sulistyorini, Ir., M. Kes. selaku Kepala Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unair

“Semoga kegitan ini nanti dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya juga ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” ungkap Lilis Sulistyorini. 

Acara ini berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti. Acara selesai pada pukul 12.00 WIB. Meskipun dilakukan secara daring, namun peserta begitu antusias berdiskusi dengan para pemateri.

Penulis : Vina Himmatus Sholikhah

 
About the author

Kontributor FKM NEWS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: