FKM UNAIR Gelar Talkshow Bersama Pakar Epidemiologi

 

FKM NEWS – Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga mengadakan talkshow dengan topik “Peran Epidemiologi dalam Kehidupan” secara daring melalui zoom meeting. Talkshow yang berlangsug Sabtu (20/02/2021) dikemas dalam perbincangan santai bersama para pakar epidemiologi Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni dr., M.S., M.P.H dan Agus Salim, S.KM., M.Kes.

Saat ini masyarakat lebih sering mendengar kata epidemiologi pada saat masa pandemi COVID-19. Namun sebagain masyarakt masih belum memahami tupoksi dari ilmu epidemiologi. Kegiatan yang dipandu Arief Hargono drg., M.Kes ini diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat terkait epidemiologi.

Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni dr., M.S., M.P.H, selaku guru besar epidemilogi FKM UNAIR memaparkan epidemiologi merupakan salah satu keilmuan untuk melihat permasalahan yang terjadi pada sekelompok individu atau populasi. Ruang lingkup dari keilmuan epidemiologi bukan hanya belajar tentang penyakit, cakupan dari ilmu epidemiologi sangat luas.

“Epidemiologi penyakit itu hanya salah satu dari ruang lingkup epidemiologi, dengan mempelajari epidemiologi kita dapat menilai status kesehatan di masyarakat, mengevaluasi program kesehatan, mengembangkan metodelogi untuk menganalisis penyakit dan mengatasi permasalahan kesehatan terutama dalam wabah COVID-19” ungkapnya.

Agus Salim, S.KM., M.Kes, selaku epidemiolog kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menjelaskan karir sebagai seorang epidemiologi memiliki potensi yang bagus kedepannya untuk berkembang lebih lanjut. Berkarir di epidemiologi diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus terkait ilmu epidemiologi sehingga proses pembelajaran dalam epidemiologi perlu terus dilakukan dan dikembangkan. Ilmu epidemiologi memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam kehidupan sehari-hari tidak mungkin kita melakukan analisis tanpa keilmuan epidemiologi dan tidak mungkin kita memberikan rekomendasi tanpa pengetahuan epidemiologi karena dengan epidemiologi kita dapat melihat segala fenomena yang terjadi di masyarakat dan bagaimana kita mengukurnya, ketika mengamati suatu masalah kesehatan itu sudah menjadi salah satu bagian dari epidemiologi” Tuturnya.

Penulis: Yasmin Nihayatun Nadzifah

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: