FKM UNAIR Kerja Sama dengan World Vision Indonesia Gelar Pelatihan Positive Deviance Heart (PDH)

FKM News РFKM UNAIR kembali menjalin kerja sama kemitraan dalam mengadakan pelatihan. Pada kesempatan kali ini merupakan salah satu kegiatan kemitraan dengan World Vision Indonesia (WVI) yang merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dengan fokus pelayanan kepada anak. Kegiatan yang diusung berupa pelatihan Positive Deviance Heart (PDH), yang dilaksanakan pada tanggal 6-9 Juni 2022 dengan bertempat di Puskesmas Simolawang.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan status gizi anak, dengan cara merehabilitasi anak underweight dan wasting usia 6-35 bulan melalui analisa penyimpang positif di masyarakat. Peserta dalam pelatihan ini merupakan kader kesehatan di 3 kelurahan, yakni kelurahan Sidodadi, Simolawang, dan Tambak Rejo; selain itu juga diikuti oleh mahasiswa relawan; dan juga fasilitator lapangan. Para pelatih yang dilibatkan dalam pelatihan PDH ini antara lain Dr. Dewi (specialist health di WVI), Bidan Dian, Allyra (TP CWN WVI), dan Suci H (fasilitator lapangan terlatih).

Ibu Dr. Sri Adiningsih, dr., M.S., M.C.N selaku dosen senior FKM UNAIR menuturkan, “Ini merupakan kesempatan yang langka mempertemukan para kader yg berpengalaman di masyarakat dengan mahasiswa yang mencari pengalaman. Kegiatan ini pasti akan berguna bagi kehidupan kita di masa depan. Jadi, kita harus sungguh-sungguh dalam belajar menuntaskan masalah underweight dan wasting di masyarakat”.

Pelaksanaan pelatihan PDH pada hari pertama berlangsung dengan sangat meriah. Antusiasme kader dan mahasiswa yang nantinya akan bergerak sebagai relawan PDH / Pos Gizi dengan memperhatikan materi secara seksama. Pada saat sesi studi kasus, para peserta aktif dan dapat memecahkan masalah dengan baik. Selain itu, terdapat sesi roleplay untuk proses pendekatan kepada pemimpin desa dan masyarakat yg akan dilibatkan dalam program PDH.

 

Penulis: Ivana Laily

Editor: Ivana Laily