Home / Berita / Isi Waktu Luang, Mahasiswa PKL Beri Penyuluhan Stunting di Desa Donan

Isi Waktu Luang, Mahasiswa PKL Beri Penyuluhan Stunting di Desa Donan

FKM NEWS – Kelompok Praktik Kerja Lapangan (PKL) Desa Donan lakukan penyuluhan stunting di posyandu balita Dukuh Donan, Desa Donan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. Penyuluhan dilakukan pada Senin (6/1/2020).

Terdapat delapan mahasiswa yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Yaitu Innaha Ilma Wardaya (Ilma), Adnan Shaubilhaq I. K, Annisa Aurelia, Hasnur Salsabila, Novi Lestari, Dewa Ayu Dewi P. S, Fransiska Pangesti A, dan Galuh Mega Kurnia.

“Stunting memiliki beberapa penyebab. Salah satunya adalah kurangnya pengetahuan ibu terkait dengan gizi yang diperlukan oleh anak pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” jelas Ilma.

Selain kurangnya pengetahuan ibu, penyebab lain adalah kurangnya asupan gizi yang diperoleh anak sehingga anak dapat mengalami stunting. Kemudian, terbatasnya layanan Ante Natal Care (ANC) atau pelayanan kesehatan untuk ibu pada masa kehamilan, dan kurangnya akses air bersih dan sanitasi.

Tidak hanya melakukan penyuluhan. Mahasiswa juga membantu bidan dan kader posyandu untuk melakukan penimbangan bayi dan balita, pengukuran tinggi badan balita, dan pengukuran panjang badan bayi.

 

Penulis : Galuh Mega Kurnia

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Cegah Hipertensi, PKL Desa Tlatah Adakan Penyuluhan pada Lansia

FKM NEWS – Kamis (16/1/19) tim Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehata Masyarakat (FKM) Universitas …

%d blogger menyukai ini: