Kata Mahasiswa Peminatan Kesling, PKIP dan Gizi 2019 tentang Peminatan Mereka

FKM NEWS – Untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai peminatan yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), APHSA (Airlangga Public Health Student Association) mengadakan Sharing Peminatan pada hari Sabtu (19/10/2019). Kegiatan bertempat di ruang kuliah satu dan dua FKM UNAIR.

Program studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR sendiri terdapat delapan peminatan. Yaitu Epidemiologi; Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP); Kesehatan Lingkungan (Kesling); Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3); Gizi Masyarakat, Kesehatan Reproduksi; Biostatistika dan Studi Kependudukan; serta Administrasi dan Kebijakan Kesehatan(AKK). Berikut pendapat mahasiswa peminatan Kesling, PKIP dan Gizi tahun 2019 pada acara sharing peminatan tersebut.

Untuk lebih menjuruskan topik skripsi maka setiap mahasiswa harus memilih salah satu dari peminatan tersebut. Pada sharing peminatan kali ini menghadirkan pemateri dari 3 peminatan yaitu Kesehatan Lingkungan oleh Anisa Haq, PKIP oleh Fira dan Gizi Masyarakat oleh Grace.

Anisa Haq (Haq) , Mahasiswa Peminatang Kesling 2019

Menurut Haq, lingkup dari peminatan kesling sangatlah luas. Pada peminatan tersebuut dia belajar mengenai pengolahan limbah di rumah sakit, industri dan rumah tangga, belajar pengolahan air, sanitasi makanan, HACCP hingga uji bahan mkanan.

Dalam memilih peminatan, Haq menganjurkan adik tingkatnya untuk memilih berdasarkan passion. Selain itu, juga agar tidak menutup mata terhadap IPK.

“Lihat Passion dan jangan menutup mata terhadap IPK,” pungkas Haq.

Grace , Mahasiswa Peminatan Gizi Masyarakat 2019.

Menurut Grace, di peminatan gizi masyarakarat tidak hanya belajar pada sisi satu orang saja. Namun juga lingkungan yang mempengaruhi gizi seseorang tersebut.

“Berbeda dengan program studi ilmu gizi, di peminatan gizi masyarakat tidak hanya membahas kondisi gizi seseorang namun sampai lingkungan yang mempengaruhi kondisi gizi seseorang,” jelas Grace.

Fira, Mahasiswa Peminatan PKIP 2019

Menurut Fira, semua mata kuliah yang ada di peminatan PKIP sudah dipelajari mulai dari semester satu. Sehingga, di ketika peminatan hanya perlu memperdalam lagi. Fira menambahkan, jika sudah suka pada satu peminatan pasti bisa melewati tantangan apapun yang ada di dalamnya dan di setiap peminatan memiliki keseruan masing-masing.

“Gali Passion untuk menyesuaikan peminatan,” lanjutnya.

Ketiganya menekankan bahwa ketika lulus nanti, semua mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR tetap mendapat gelar yang sama. Yaitu S. KM, tanpa dilihat dari pilihan peminatan yang diambil.

 

Penulis : Vina Himmatus Sholikhah

Editor : Galuh Mega Kurnia

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: