Home / Berita / Kelas Kesehatan Digital Dengan Pendekatan Kesehatan Keluarga Hadir Lagi

Kelas Kesehatan Digital Dengan Pendekatan Kesehatan Keluarga Hadir Lagi

FKM NEWS- Pengabdian Masyarakat dari FKM UNAIR membuat kelas kesehatan digital lanjutan dengan penggunaan media online, agar dapat menjadi solusi dalam penyampaian pesan promosi kesehatan selama aturan physical distancing berlangsung. Hal ini dilakukan mengingat pelaksanaan promosi kesehatan selama wabah perlu diredesain agar tetap mampu menyampaikan informasi yang dibutuhkan sesuai perkembangan waktu, namun tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Pendekatan penting yang dilakukan lainnya adalah melalui pendekatan kesehatan keluarga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pandemi COVID-19. Mengingat, keluarga merupakan kelompok terdekat selama dilakukan kebijakan #stayathome untuk menekan penyebaran COVID-19 diantara masyarakat.

Kelas Digital Lanjutan dalam Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk “Kelas Kesehatan Digital Dengan Pendekatan Kesehatan Keluarga Selama Pandemi Covid-19” akhirnya dilaksanakan kembali pada bulan Oktober. Kelas digital lanjutan ini dibagi menjadi dua bagian, bagian yang pertama dilakukan dengan webinar melalui aplikasi zoom, sementara bagian kedua menggunakan media Whatssap dengan dilakukannya Kuliah Whatssap (KULWAP). Semua kegiatan yang dilakukan terbuka untuk umum dan gratis tanpa dipungut biaya apapun bagi yang berniat untuk mengikutinya.

Melalui webinar, ada dua topik besar yang dibahas yaitu mengenai Kesehatan Mental dan UMKM. Topik  pertama yang diangkat yaitu kesehatan mental selamapandemi COVID-19 berlangsung, dengan judul “Kesehatan Mental Anak Muda Selama Belajar di Rumah”. Pemateri pada webinar yang pertama merupakan  Dosen Fakultas Kedokteran UNAIR yaitu Azimatul Karimah dr. SP.KJ (KJ). Pelaksanaan webinar dilakukan pada 15/10/2020 pada pukul 15.00 WIB hingga selesai. Webinar ini mendapatkan antusiasme yang sangat besar, utamanya dari kalangan anak muda yaitu mahasiswa yang menerapkan study at home yang berlaku sejak bulan Maret 2020.

Topik kedua pada webinar diberi judul “Bagaimana Memulai Bisnis dan Tetap Bertahan dengan UMKM di Tengah Pandemi?” dengan narasumber Bapak Diansanto Prayoga, S.KM., M.Kes. Webinar ini diikuti oleh pemula yang barusaja merintis usaha, hingga pelaku UMKM yang sudah berkembang cukup besar di wilayahnya. Peserta yang mengikuti webinar ini tersebar mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Ngawi, Banyuwangi hingga Bangka Belitung. Webinar ini dilaksanakan pada 23/10/2020 pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Media lain yang digunakan untuk dapat lebih banyak menjangkau masyarakat adalah menggunakan media Whatssap. Kuliah Whatssap (KULWAP) dilakukan satu kali dan dilaksanakan  pada 17/10/2020, mulai pukul 09.00 WIB. KULWAP dibuat dengan topik Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan narasumber Ibu Retno Andriyani S.T., M.Kes. Pada Kulwap ini mayoritas diikuti oleh orang tua yang pada sesi diskusi lebih fokus pada penggalian informasi mengenai pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru di tingkat keluarga.

Semoga rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat pada Kelas Digital Lanjutan dalam Pengabdian kepada Masyarakat “Kelas Kesehatan Digital Dengan Pendekatan Kesehatan Keluarga Selama Pandemi Covid-19” dapat berkontribusi terhadap pemberian informasi kesehatan selama pandemi COVID-19. Amin.

Dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat KELAS KESEHATAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN KESEHATAN KELUARGA SELAMA PANDEMI COVID-19 Dibiayai oleh Dana Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Tahun Anggaran 2020 Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga Tentang Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Airlangga Tahun 2020 Nomor  532 /UN3/2020 Tanggal  1 Juli 2020 Webinar Bagaimana Memulai Bisnis dan Tetap Bertahan dengan UMKM di Tengah Pandemi?”, Kuliah Whatssap (KULWAP) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Webinar “Kesehatan Mental Anak Muda Selama Belajar di Rumah”.

Kontributor: Khuliyah
Editor: Ilham Akhsanu R

About ilham ridlo

Editor-in-Chief FKM NEWS.

Lihat juga

Pengumuman Yudisium Fakultas Kesehatan Masyarakat Periode 23 Desember 2020

    Berikut merupakan Pengumuman hasil Rapat Yudisium pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang …

%d blogger menyukai ini: