Home / Artikel Populer / Kesehatan Masyarakat Punya Peran Apa Ketika Terjadi Bencana?

Kesehatan Masyarakat Punya Peran Apa Ketika Terjadi Bencana?

FKM NEWS – Menurut Dr. Atik Choirul Hidajah dr., M.Kes (Atik), selama ini yang orang pahami bahwa sesudah bencana yang penting adalah bagaimana memberikan respons medis setelah bencana. Padahal sebenarnya, public health memiliki peran yang sangat besar. Yakni, mulai dan sebelum terjadi, saat, serta pasca bencana.

”Di dalam tanggap darurat bencana tidak hanya medis. Tetapi peran dari bidang kesehatan masyarakat atau dari psikologi juga besar. Jadi, memerlukan interprofessional collaboration. Saya sangat menyambut baik telah mulai dikembangkan interprofessional education di UNAIR,” jelas dosen di FKM UNAIR tersebut.

Dijelaskan oleh dr Atik, mindset interprofessional collaboration diupayakan terbangun. Karena itu, pendidikan dilaksanakan, ditekankan, dengan konsep interproffesional education.

”Jadi, nanti akan dipelajari bahwa dalam hal penanggulangan bencana bukan hanya pada aspek bidang keilmuannya, tapi kolaborasinya dengan bidang ilmu yang lain,” tambahnya.

Sebab, lanjut dr Atik, kegiatan tanggap darurat tidak hanya dilakukan oleh bidang kedokteran dan keperawatan. Fakultas dan bidang keilmuan yang lain juga dapat men-support hal tersebut. Misalnya, public health, gizi, dan psikologi.

Pada akhir, menurut dr Atik, peran UNAIR dalam kebencanaan ini tentu akan makin menonjol. Mengingat, UNAIR juga memiliki program studi magister manajemen bencana. Di samping program studi lain yang relevan dalam penanganan bencana pada berbagai strata.

”Peran prodi lain di luar bidang kesehatan juga perlu didorong untuk hal ini. Misalnya, prodi teknologi lingkungan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu, diperlukan tidak hanya kolaborasi antar bidang ilmu di UNAIR. Dimungkinkan ada kolaborasi dengan perguruan tinggi yang lain. Misalnya, kolaborasi antara UNAIR dan ITS untuk melakukan penanganan bencana secara komprehensif di Surabaya. Sebab, dalam kebencanaan, bukan hanya satu sektor saja yang bekerja, tapi dari berbagai sektor

 

Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2018/10/22/manajemen-bencana-dalam-sudut-pandang-public-health/

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Orang Tua Permisif Sangat Berperan Pada Penyalahgunaan NAPZA oleh Remaja

FKM NEWS – Jumlah pengguna napza pada remaja semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyalahguna …

%d blogger menyukai ini: