Kuliah Tamu Global Public Health oleh Profesor University of South Florida

FKM NEWS-Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menyelenggarakan kuliah tamu pada selasa s/d Kamis, 10 s/d 12 Juli 2018 yang diisi oleh Prof. Yashwant Pathak, PhD MPharm, profesor dari University of South Florida. Ruang aula Sumarto dipenuhi oleh mahasiswa prodi S1 Ilmu Gizi dan prodi S1 serta S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk mengikuti kuliah tamu yang bertema “Global Public Health” ini.

Dalam kuliahnya, narasumber memaparkan materi yang terkait dengan isu global health. Prof. Yashwant mengupas semua faktor yang dapat mempengaruhi status kesehatan masyarakat serta pentingnya penyelesaian masalah ini bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Beliau juga menjelaskan bagaimana peran mahasiswa dan sarjana kesehatan masyarakat dalam mengatasi masalah global health ini.

Prof. Yashwant yang merupakan seorang ahli nanoteknologi di bidang kesehatan ini menyatakan bahwa tenaga kesehatan mempunyai peran vital di dalam isu global health ini. Tenaga kesehatan profesional membutuhkan panduan kerja yang jelas untuk membantu meningkatkan taraf global health. Hal ini termasuk melakukan standarisasi akreditasi setiap sekolah yang mengadakan jurusan kesehatan serta adanya budaya berkomitmen untuk meningkatkan sistem kesehatan di setiap wilayah yang ada.

Acara yang berlangsung selama tiga kali pertemuan dengan durasi waktu dua jam per sesi ini mendapat apresiasi yang baik dari para peserta. “Tujuan mengikuti kuliah tamu ini untuk mendapatkan ilmu yang baru termasuk bagaimana kebijakan dari negara lain terhadap isu global health ini. Narasumber sempat sharing tentang bagaimana Global Health Policy yang ada di US”, ungkap Diani, salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi semester 8 yang mengikuti kuliah tamu ini.

Reporter: Rizal
Dokumentasi: Istimewa
Editor: Ilham A. Ridlo

About the author

Newsroom FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: