Kunjungan Mahasiswa MSU Malaysia di FKM UNAIR Bahas Tuberculosis

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) menyambut kedatangan delegasi dari International Medical School, Management and Science University (MSU) Malaysia pada Senin (16/4/2019). Setidaknya terdapat dua puluh dua mahasiswa MSU yang datang ditemani oleh dua dosen pendamping.

Pada kunjungan tersebut, MSU dan FKM UNAIR saling bertukar ilmu melalui kuliah dan diskusi dengan topik terkait Pulmonary Tuberculosis to END TB. Topik tersebut diambil berkenaan dengan diperingatinya Hari Tuberculosis Sedunia pada Minggu (24/3/2019) lalu.

Dr. Nur Ezza Fazleen Mohd Fathil, dosen pendamping dari MSU berkesempatan untuk memberikan kuliah kepada mahasiswa FKM UNAIR semester empat mengenai topik terkait dengan studi kasus di Malaysia. Sementara dr. M. Atoillah Isfandiari, M.Kes, dosen FKM UNAIR memberikan kuliah mengenai topik terkait dengan studi kasus di Indonesia kepada mahasiswa MSU.

Puncak kegiatan diisi dengan cultural performance dimana kedua belah pihak saling menampilkan kebudayan masing-masing. Beberapa delegasi dari MSU menampilkan dua tarian dan ditutup dengan flash mob. Sementara perwakilan dari FKM UNAIR menampilkan seni pencak silat dan tarian Sparkling Surabaya.

Dr. dr. Santi Martini, M.Kes, Wakil Dekan I FKM UNAIR menjelaskan bahwa kerjasama antara kedua universitas sudah terjadi sejak tahun kemarin. Pada tahun kedua ini, beberapa kegiatan untuk mengisi kerjasama tersebut adalah dengan student visit dan pertukaran pelajar.

“Terdapat 15 mahasiswa MSU akan datang kembali kesini sekitar bulan Juli atau Agustus. Dan kami juga akan mengirimkan sekitar 15 mahasiswa untuk belajar disana (MSU, red) juga,” jelas Dr. Santi.

Selain kegiatan akademik, untuk mengisi kerjasama antar kedua universitas, Dr. Santi berharap untuk bisa melakukan join riset dengan MSU. Dan jika memungkinkan, kerjasama bisa mencapai join supervision atau bahkan double degree.

“Semoga dengan kegiatan ini semakin menari minat mahasiswa kita untuk belajar di MSU dan sebaliknya. Juga harapannya, kegiatan yang sifatnya internasional ini bisa lebih banyak lagi diadakan di UNAIR khususnya di FKM UNAIR untuk mendukungn 500 WCU UNAIR,” pungkas Dr. Santi.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Ilham Aksanu Ridlo

Gambar : Sesi Foto Bersama Antara FKM UNAIR dengan MSU Selepas Cultural Performance (Foto : Galuh Mega Kurnia)

Dilansir dari http://news.unair.ac.id/2019/04/18/kunjungi-fkm-unair-mahasiswa-msu-malaysia-belajar-kasus-tuberculosis-di-indonesia-dan-meriahkan-cultural-performance/

About the author

Webmaster dan Editor-in-Chief FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: