Home / Artikel Populer / Kurangi Risiko Anemia pada Ibu Hamil Melalui Dukungan Suami

Kurangi Risiko Anemia pada Ibu Hamil Melalui Dukungan Suami

FKM NEWS – Anemia merupakan masalah kesehatan global dan salah satu penyebab utama morbiditas ibu dan kematian di seluruh dunia. Anemia kehamilan berpotensi membahayakan ibu dan anak, karena itulah anemia memerlukan perhatian serius dari semua pihak yang terkait dalam pelayanan kesehatan. Faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya anemia dalam kehamilan adalah dukungan suami dan status gizi ibu hamil.

Adanya dukungan suami dapat meningkatkan kenyamanan pada ibu hamil, sehingga ibu dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya tanpa memperhatikan perubahan bentuk tubuh. Suami dapat mengingatkan dan mendampingi ibu untuk memeriksakan kehamilan, mencari informasi tentang kehamilan ibu, memberi motivasi dan memperhatikan kondisi kehamilan. Ibu hamil yang diperhatikan dan dikasihi oleh suami selama kehamilan akan menunjukan lebih sedikit gejala emosi dan fisik dan lebih sedikit terjadinya komplikasi selama persalinan.

Selain itu, ibu hamil membutuhkan zat gizi lebih banyak dan status gizi yang baik selama kehamilan. Ibu hamil yang tidak berperilaku secara sehat saat hamil terutama dalam mengkonsumsi makanan bergizi dapat menyebabkan ibu menderita gizi kurang terutama Kurang Energi Kronis (KEK) dan menderita anemia.

Sumber: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77766

About tunjungsenjawiduri

Lihat juga

Orang Tua Permisif Sangat Berperan Pada Penyalahgunaan NAPZA oleh Remaja

FKM NEWS – Jumlah pengguna napza pada remaja semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penyalahguna …

%d blogger menyukai ini: