Home / Berita / Lewat LKMM-TD, Mahasiswa FKM UNAIR Latih Kemampuan Kepemimpinan dan Manajemen

Lewat LKMM-TD, Mahasiswa FKM UNAIR Latih Kemampuan Kepemimpinan dan Manajemen

FKM NEWS – Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengadakan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD). Bertempat di ruang kuliah 1, lantai 1, gedung FKM UNAIR, acara yang rutin digelar tiap tahun itu dilangsungkan selama dua hari, yakni mulai hari Sabtu (24/8/19) hingga Minggu (25/8/19).

Pada hari pertama, kegiatan dibuka oleh Saikhon, S. Sos selaku Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan FKM UNAIR. Selain itu, kegiatan LKMM-TD ini menghadirkan beberapa pemateri baik dari dosen, alumni, bahkan mahasiswa berkompeten.

Nala Astari Pramesti, ketua panitia LKMM-TD 2019 ketika ditemui tim FKM News menyampaikan bahwasanya LKMM-TD 2019 mengangkat tema ‘Infinity’ yakni, inovatif, no limit and fabulous in public health society. Besar harapan Nala terhadap peserta LKMM-TD tahun ini, untuk selalu inovatif dan dapat mengaplikasikan seluruh materi yang didapatkan pada masyarakat, terutama dalam dunia kesehatan masyarakat.

“Peserta LKMM-TD tahun ini diharapkan kontinuitas terhadap materi yang diberikan, juga inovatif dalam memperoleh ilmu. Dan juga luar biasa dalam mengaplikasikannya di dunia kesehatan masyarakat,” terang Nala.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 52 mahasiswa dari semester III dan V FKM UNAIR menjadi bekal kuat untuk menjalankan roda kepanitiaan maupun organisasi di fakultas. Tidak hanya menerima paparan materi saja, peserta juga mendapatkan penugasan, meliputi proposal kegiatan dan program berkelanjutan berupa kepanitiaan acara. Serta, mendapat pengaplikasian terhadap beberapa materi yang diberikan.

“Keuntungan, tidak hanya materi yang diberikan, namun juga terdapat simulasinya. Contoh AKL (Analisis Kondisi Lingkungan, red) para peserta diajak membuat SWOT dirinya sendiri sebagai bentuk latihan,” ungkapnya.

Nala juga memaparkan bahwasanya fokus LKMM-TD yakni pada perencanaan kegiatan atau kepanitiaan. Sejatinya, LKMM terdapat tiga tingkatan yakni TD (tingkat dasar) fokus pada managemen kepanitiaan; TM (Tingkat Menengah) fokus pada organisasi; dan TL (tingkat lanjut) fokus pada publik.

Diakhir pertemuan, Nala berpesan untuk mahasiswa agar tetap menjaga keberlanjutan materi yang telah diterima, karena materi yang diberikan sudah distandarkan. Harapannya juga, agar peserta tidak hanya berhenti pada LKMM-TD saja, namun dapat lanjut ditingkat selanjutnya.

“Harapannya juga mereka yang mengikuti lkmm td ini, tidak hanya berhenti di TD namun lanjut di TM dan TL. Jadi harapannya, mereka juga punya semangat dan terus spirit untuk tetap melanjutkan pelatihan ini, lalu diaplikasikannya kepada masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah
Editor : Ilham Akhsanu Ridlo

 

About ilham ridlo

Lihat juga

Ini Pendapat Wakil Ketua BEM FKM UNAIR Tentang Berlakunya Sistem Kartu Parkir Baru

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR menginisiasi pembuatan kartu parkir untuk seluruh sivitas …

%d blogger menyukai ini: