Luar Biasa, Konferensi International APACPH ke-52 Diselenggarakan Universitas Airlangga untuk Berbagai Profesi Kesehatan Masyarakat

FKM NEWS – Tenaga kesehatan masyarakat penting untuk mengikuti perkembangan masalah kesehatan baik di Indonesia ataupun dunia. Salah satu wadah yang mengumpulkan para tenaga kesehatan masyarakat untuk berdiskusi dan meningkatkan informasi seputar kesehatan masyarakat saat ini adalah Asian Pacific Academic Consortium for Public Health Conference (APACPH).

Tahun ini konferensi APACPH dilaksanakan di Indonesia, dengan host Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. APACPH dilaksanakan di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur pada 26 – 28 Oktober 2021. Konferensi APACPH tahun ini dilaksanakan secara hybrid, mengingat acara ini masih dilakukan saat pandemi covid-19.

Tema yang dipilih pada konferensi APACPH ke 52 ini yaitu “Enhanching Public Health Strategies During Industrial Revolution 4.0 and The Covid-19 Pandemic”. Terdapat sekitar

1.200 peserta yang terdiri dari peneliti, pengambil keputusan, tenaga kesehatan, mahasiswa dan dosen. Hal yang berbeda dari APACPH ke-52 ini adalah menjadi yang pertama konferensi memilih makalah untuk diterbitkan di jurnal terindeks Scopus.

Penulis pada APACPH-52 terpilih sebagai oral  presenter, dengan judul “The Relationship of Long Working Time, Responsibility, Work Shift, and Personal Factors With Mental Work Fatigue In The Workers of The Regional Disaster Management Agency (Study at The Tuban Regency Regional Disaster Management Agency) During The Covid-19 Pandemic”.

Penulis berharap kegiatan yang bermanfaat seperti APACPH ini dapat menjadi wadah untuk seluruh profesi kesehatan masyarakat lebih mengikuti informasi terbaru tentang isu kesehatan saat ini. Selain itu dapat meningkatkan ilmu tentang kesehatan masyarakat, dan dapat bekerja sama dengan sesama profesi kesehatan atau non kesehatan untuk diterapkan di setiap daerah atau universitas masing-masing.

 Foto : Bian Shabri peserta APACPH (Asian Pacific Academic Consortium for Public Health Conference) ke 52 saat oral presentation

Penulis : Bian Shabri Putri Irwanto

Editor : Sulistio Dyah Setyowati