Mahasiswi FKM Raih Juara Tiga Dalam Gelaran Duta GenRe Provinsi Jawa Timur

FKM NEWS – Bektienadila Kusumastuti merupakan salah satu mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) yang berhasil memperoleh Juara 3 Putri Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Provinsi Jawa Timur.

Awalnya, Dila merasa tidak menyangka jika dia berhasil meraih posisi ketiga karena menurutnya peserta lain juga tidak kalah hebat. Baginya, menjadi seorang juara adalah sebuah bonus.

Duta GenRe, lanjut Dila, merupakan salah satu program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang sasarannya adalah para remaja. Melalui ajang tersebut, para remaja dapat menjadi role model untuk menyebarkan informasi terkait generasi berencana kepada teman sebayanya. Sebelumnya, Dila juga telah meraih gelar Juara 1 Putri Duta GenRe pada tingkat Kabupaten Tulungagung.

“Jadi, sebelum melaju ke tingkat provinsi, harus melalui seleksi tingkat kabupaten atau kota terlebih dahulu. Jika terpilih, maka akan mewakili kabupaten atau kota untuk melaju pada tingkat provinsi,” jelasnya pada Jumat (23/07/21).

Dila menuturkan awal mula mengikuti Duta GenRe karena dia merasa tertarik untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi. Menurutnya, kegiatan tersebut berhubungan dengan apa yang dia pelajari selama berkuliah di FKM dan Duta GenRe juga dapat menjadi salah satu jalan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh.

“Melalui Duta GenRe, aku bisa menambah pengalaman dan pastinya juga menambah relasi,” ucapnya.

Beberapa kegiatan yang telah dia lakukan selama menjadi Duta GenRe di tingkat kabupaten adalah jambore remaja, sosialisasi kepada remaja, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pemberdayaan remaja. Dengan adanya Duta GenRe di seluruh kabupaten atau kota di Jawa Timur, Dila berharap para remaja dapat mengetahui informasi terkait perencanaan, kesehatan reproduksi, maupun tentang cara pencegahan stunting sehingga ke depan para remaja tersebut dapat menjadi orang tua yang melahirkan keturunan bebas stunting.

“Penting sebagai remaja, untuk memiliki perencanaan hidup. Karena apabila memiliki perencanaan dan telah ditetapkan satu goals yang ingin dicapai, maka sebisa mungkin kita akan berusaha mencapai tujuan tersebut,” ungkap mahasiswi jurusan Kesehatan Masyarakat itu.

Terakhir, Dila juga berharap dia dapat menjalankan amanah dan melaksanakan tugas dengan baik minimal selama dia menjabat sebagai Duta GenRe. Semoga, lanjutnya, setelah purna dari jabatan juga tetap dapat menginspirasi para remaja. (*)

Penulis: Dita Aulia Rahma

About the author

Kontributor FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: