Mengulas “How to Save Our Iman and Imun” dalam Agenda Kafe Karisa

FKM NEWS – Agenda yang rutin dilakukan dua bulan sekali, KAFE KARISA kini diadakan secara daring via zoom mengingat adanya wabah pandemi COVID-19 yang mengharuskan Study From Home. Adinda Dwi Mutiara Putri selaku penanggung jawab agenda ini mengundang Muthmainah, S. KM., M. Kes untuk menjadi pemateri. Sabtu (11/04/2020) pukul 09.00 WIB, agenda tersebut dimulai dengan membahas topik “How to Save Our Iman and Imun”.

Sebelum membahas ke inti materi, Muthmainah menjelaskan bahwa Iman itu ibarat dengan pohon yang harus senantiasa dipupuk dan disirami. Beliau juga mengungkapkan bahwa iman dan imun itu fluktuatif. Iman dan imun yang stabil akan menghasilkan badan yang sehat jasmani maupun rohani.

“Imun itu sama dengan iman, harus tetap dijaga untuk melawan semua hal yang akan menimbulkan penyakit,” jelas Muthmainah.

Selanjutnya, Muthmainah menyampaikan materi inti yaitu mengenai cara menjaga iman dan imun. Menurutnya ada lima cara yang dapat diterapkan dan tertera pada ulasan berikut.

  1. Sholat In Time, sebelum adzan sudah bersiap diri untuk melakukan sholat.
  2. Tadabur Al-Qur’an, membaca dan memahami arti dari ayat-ayat suci Al-Qur’an.
  3. Dzikrullah, berdzikir kepada Allah setiap saat.
  4. Berdoa, berdoa meminta selalu dijaga iman dan imunnya.
  5. Memperbanyak sodaqoh, mencintai fakir miskin dan anak yatim.

Di akhir sesi materi, Muthmainah juga memberikan pesan kepada para mahasiswa. Muthmainah berpesan supaya mahasiswa mengerjakan tugas semampunya saja dan jangan sampai stress. Kemudian, pada situasi pandemi COVID-19 saat ini, mahasiswa dihimbau untuk menghadapinya dengan tenang dan senantiasa bersyukur.

“Jadi, semua yang ada disini menghadapi pandemi. Semua harus sabar, tenang, dan bersyukur karena punya banyak waktu luang untuk berinteraksi dan bercengkerama dengan orangtua, yang tadinya jauh karena merantau,” pesan Muthmainah. (*)

Penulis : Vina Himmatus Sholikhah
Editor : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: