Breaking News
Home / Berita / Meriahkan HUT ISMKMI dengan Photo Contest dan Kuis Online Bertema Kesehatan Mental

Meriahkan HUT ISMKMI dengan Photo Contest dan Kuis Online Bertema Kesehatan Mental

FKM NEWS – Sebagai salah satu pelopor berdirinya Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI), HIMA Prodi Kesehatan Masyarakat membentuk kepanitiaan bertajuk BULIS (Bulan ISMKMI). Kepanitiaan dibentuk guna memeriahkan rangkaian acara HUT ISMKMI, selain itu perayaan HUT ISMKMI juga digelar berdasar arahan dari pengurus nasional di ISMKMI.

ISMKMI sendiri merupakan ikatan organisasi mahasiswa se-profesi bidang kesehatan masyarakat. ISMKMI resmi terbentuk pada tanggal 24 Desember 1991 yang dipelopori oleh lima universitas ternama, meliputi Universitas Airlangga, Univeritas Hassanudin, Universitas Sumatera Utara, Univeristas Indonesia dan Universitas Diponegoro.

“Tema besar peringatan HUT ISMKMI ini adalah menuju masyarakat sehat yang nanti akan dibagi menjadi 2 rangkaian acara besar yaitu Sosial Project dan Seminar,” terang Andryani Larasati selaku ketua pelaksana BULIS.

Laras, sapaan akrabnya, melanjutkan sosial project akan berfokus pada materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan sasaran anak-anak pesisir yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2019 mendatang di SD Muhammadiyah 9 Surabaya. Sedangkan Seminar berfokus pada materi kesehatan mental di era digital dengan sasaran mahasiswa umum yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2019.” ujar laras selaku ketua pelaksana.

“Alasan mengapa mengambil materi tentang kesehatan mental karena dewasa ini kesehatan mental merupakan suatu masalah kesehatan yang banyak diperbincangkan dan diidap oleh masyarakat. Sehingga perlu dilakukan intervensi melalui acara BULIS ini” tegas Laras.

Di samping itu, Arira Celia Virta Parawansa, Koordinator Acara BULIS mengatakan selain acara sosial project dan seminar terdapat tambahan acara, yakni photo contest dan kuis online. Dengan mengambil tema serupa yakni Kesehatan Mental dan sasaran masyarakat umum.

Kedua acara tersebut sudah dimulai sejak 25 September lalu. Photo contest dan kuis online dilakukan di Official Account Instagram @buliskemasunair. Teknis photo contest adalah mengupload foto di Instagram dengan menambahkan caption menarik seputar cara mencegah mental illnes.

Kemudian untuk kuis online dilaksanakan setiap hari Jum’at dimana pertanyaan yang diberikan adalah seputar ISMKMI dan kesehatan mental. Materi kuis akan dibagikan setiap hari rabu.  Tambahan acara photo contest dan kuis online bertujuan agar semua orang dapat berpartisipasi dan menyemarakkan HUT ISMKMI yang ke-28.

Penulis : Arira Celia Virta Parawansa

Editor: Tunjung Senja Widuri

About tunjungsenjawiduri

Lihat juga

Begini Tantangan Ahli Kesehatan Masyarakat di Era Revolusi Industri 4.0

FKM NEWS – Revolusi industri 4.0 merupakan era dimana teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, …

%d blogger menyukai ini: