Home / Berita / Model Pendampingan Kader dengan Pendekatan Eco Support Treatment pada Penderita Malaria di Wilayah Endemis Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur

Model Pendampingan Kader dengan Pendekatan Eco Support Treatment pada Penderita Malaria di Wilayah Endemis Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur

FKM NEWS – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga pada Rabu (19/08/2019). Dengan promovendusatas nama Dr. Ragu Harming Kristina, S.KM.,M.Kes. Ia adalah lulusan ke 220 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Model Pendampingan Kader dengan Pendekatan Eco Support Treatment pada Penderita Malaria di Wilayah Endemis Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur” adalah :

1. Model pendampingan kaderdengan pendekatan EST merupakan kombinasi pendampingan  dan pendampingan modifikasi lingkungan yang dilakukan oleh kader.
2. Model EST merupakan dimulai dari recruitmen kader, penggunaan modul pelatihan, pelatihan kader sampai pada pendampingan kader terhadap penderita malaria dan anggota keluarga yang mampu mengubah dimensi perilaku yang meliputi pengetahuan, sikap, tindakan, trust, self efficacy, collective efficacy, kepatuhan minum obat dan kepatuhan modifikasi lingkungan

Model pendampingan dengan pendekatan Eco Support Treatment pada tahap ini sangat efektif untuk dikembangkan di wilayah endemis malaria terutama untuk wilayah / daerah yang high incidence area.

Suasana haru terasa ketika Doktor Ragu Harming Kristina mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kelancarandisertasi, terutama kepada keluarga. Melalui ujian terbuka ini, Doktor Ragu Harming Kristina juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak FKM UNAIR dan PoltekkesKemenkes Kupang.

Penulis: Terica Bian Karibta

Editor: Ilham Akhsanu Ridlo

 

About tunjungsenjawiduri

Lihat juga

Ini Pendapat Wakil Ketua BEM FKM UNAIR Tentang Berlakunya Sistem Kartu Parkir Baru

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR menginisiasi pembuatan kartu parkir untuk seluruh sivitas …

%d blogger menyukai ini: