Breaking News
Home / Berita / Optimalkan Program TTD, FKM UNAIR Kader Siswa PMR SMAN 2 Lamongan

Optimalkan Program TTD, FKM UNAIR Kader Siswa PMR SMAN 2 Lamongan

FKM NEWS – Program suplementasi tablet tambah darah (TTD) diadakan dengan tujuan untuk mengatasi masalah anemia di kalangan remaja putri. Hanya saja, program tersebut belum dapat diterima dengan baik oleh pelajar putri. Salah satu alasannya adalah rasa TTD yang tidak enak.

Untuk itu, FKM UNAIR didukung oleh Dinas Kesehatan Lamongan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 2 Lamongan pada Rabu (11/9/2019). Pada kegiatan tersebut panitia memberikan informasi mengenai manfaat mengonsumsi TTD, efek samping dan cara minum yang benar untuk meminimalisir efek samping kepada siswa anggota ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) sekolah setempat.

Trias Mahmudiono, S.KM., M.PH., Ph. D atau Trias, salah satu pemateri menjelaskan bahwa diharapkan para siswa anggota PMR tersebut dapat menjadi agen penyebar informasi kesehatan kepada teman sebayanya. Menurut Trias, penyaluran informasi kesehatan melalui edukator sebaya adalah salah satu strategi yang dinilai mempu mendongkrak kepercayaan remaja dalam melakukan pola hidup sehat, salah satunya adalah mengonsumsi TTD.

“Edukator sebaya yang memiliki kedekatan emosional dengan sesama siswi diharapkan mampu memotivasi pelajar putri untuk mengonsumsi TTD,” ucapnya.

Upaya pencegahan anemia melalui konsumsi TTD tersebut tidak hanya berhenti pada kegiatan sehari saja. Para anggota PMR SMAN 2 Lamongan kedepannya akan menyebarluaskan informasi yang telah mereka terima kepada pelajar putri disana.

Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2019/09/16/fkm-unair-ajak-siswa-pmr-cegah-anemia/

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Begini Tantangan Ahli Kesehatan Masyarakat di Era Revolusi Industri 4.0

FKM NEWS – Revolusi industri 4.0 merupakan era dimana teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, …

%d blogger menyukai ini: