Home / Berita / Pemantauan Pertama Bank Sampah di Desa Binaan, Asemjajar Berjalan Lancar

Pemantauan Pertama Bank Sampah di Desa Binaan, Asemjajar Berjalan Lancar

FKM NEWS – Pada hari Minggu (08/03/2020), panitia Community Development yang diketuai oleh Ezha Gadis lakukan pemantauan bank sampah untuk pertama kali di periode kepengurusan 2020. Community Development atau biasa disebut Comdev merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Badan Eksektuif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR). Kegiatan ini berupa pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan bank sampah di kelurahan Asemjajar RT 09 dan RT 10.

Kegiatan bank sampah ini dilakukan sebelum pukul 07.00 WIB oleh para warga RT 10 di depan Puskesmas Asemjajar. Bank Sampah Asemjajar RT 10 yang bernama “Dewi Sartika X” ini diketuai oleh Bu Alex. Kegiatan bank sampah ini mulai dari nasabah mengisi absensi, pemilahan sampah, penimbangan setiap jenis sampah, pencatatan hasil timbangan di buku nasabah lalu pengumpulan semua sampah sebelum diambil oleh pengepul.

di RT 09, kegiatan bank sampah dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Hal ini dikarenakan warga RT 09 masih melakukan senam pagi di balai RW 03. Kegiatan bank sampah RT 09 dilakukan di depan rumah Bu Yati. Bank sampah Asemajajar RT 09 yang diketuai oleh Bu Soiyah ini bernama “Teduh Makmur”. Dari hasil survey yang dilakukan oleh Sie Riset, semua sampel yang berjumlah 10 orang dari warga RT 09 dan RT 10 mengaku mendapatkan keuntungan dari kegiatan bank sampah ini.

“Kegiatan bank sampah ini banyak manfaatnya mbak, selain mendapatkan hasil yang nantinya untuk tour, hal ini juga dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” ungkap Bu Yuni, salah satu nasabah bank sampah Teduh Makmur.

Setelah pemantauan pertama ini dilakukan, panitia akan kembali lagi dalam waktu 2 minggu ke kelurahan Asemjajar untuk melakukan pemantauan kembali.

Penulis : Vina Himmatus Sholikhah

Editor : Galuh Mega Kurnia

About galuhmegakurnia

Lihat juga

klikdokter.com

Benarkah Masker Scuba Tidak Efektif Menangkal Covid-19?

FKM NEWS – Sampai saat ini angka penderita Covid-19 masih terus meningkat di berbagai negera, …

%d blogger menyukai ini: