Breaking News
Home / Berita / Pengalaman Mengikuti Short Course Health Sciences di Coventry University, UK

Pengalaman Mengikuti Short Course Health Sciences di Coventry University, UK

FKM NEWS- Dua orang dosen Fakultas Kesehatan Universitas Airlangga yaitu Ilham Akhsanu Ridlo, S.KM., M.Kes.,  dan Nuzulul Kusuma Putri, S.KM., M.Kes menjadi delegasi untuk mengikuti kegiatan Short Course Health Sciences di Coventry University, UK. Kegiatan itu berlangsung tanggal 12 November-3 Desember 2018. Dalam kesempatan tersebut, keduanya belajar tentang sistem kesehatan khususnya pengelolaan sistem jaminan kesehatan dan kebijakan kesehatan.

”Kami bersama rekan dosen dari berbagai universitas yang terpilih  belajar tentang sistem pelayanan kesehatan di UK dan dapat dijadikan lesson learn bagi pengembangan sistem jaminan kesehatan di Indonesia,” Jelas Nuzulul.

Program tersebut diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia. Tujuannya adalah mengembangkan kompetensi dosen, khususnya di bidang Health Science. Dalam program itu juga, setidaknya terdapat empat kompetensi yang harus dimiliki keduanya setelah kembali dari short course tersebut.

Di antaranya adalah dapat memahami prinsip dasar dari cakupan kesehatan universal. Dapat mengevaluasi cakupan kesehatan universal di Indonesia saat ini sebagai pembanding antara UK dan Indonesia. Dapat dapat mengevaluasi dan memberikan rekomendasi bagaimana cara untuk meningkatkan cakupan kesehatan nasional di Indonesia dan untuk menutupi defisit. Serta, dapat menerbitkan jurnal Internasional.

Tidak sekedar mengemban misi dari tanah air, keduanya juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi beberapa fasilitas kesehatan di UK, yaitu mengenai National Health System, berkunjung ke Waswall Hospital, Birmingham Hospital, dan primary health care di Coventry. Keduanya mempelajari berbagai bentuk jaminan sosial berbasis masyarakat, yaitu food bank (yayasan yang berafiliasi dengan gereja yang menyediakan bahan makanan bagi para homeless), social transport company, dan social furniture company.

”Setelah mengikuti program ini, kami berharap kompetensi kami dapat meningkat. Memperluas jejaring dan dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa di tanah air,” pungkas Ilham. (*)

Sumber Asli dengan perubahan seperlunya di http://news.unair.ac.id/2018/11/29/dosen-fkm-ikuti-short-course-health-sciences-di-coventry-university-uk/

Lihat juga

Tingkatkan Minat Literasi Anak Jalanan, BEM FKM UNAIR Adakan ‘LENTERA’ di UPTD Kampung Anak Negeri

FKM NEWS-Pada masa sekarang, pendidikan literasi gencar dilakukan oleh para praktisi pendidikan maupun aktivis sosial. …

%d blogger menyukai ini: