Home / Berita / Pengembangan Model Resiliensi di ICU, Doktor S3 Kesmas Raih Cumlaude

Pengembangan Model Resiliensi di ICU, Doktor S3 Kesmas Raih Cumlaude

FKM NEWS – Ujian Doktor Terbuka telah dilaksanakan oleh Program Doktor Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga pada Rabu, tanggal 14 Agustus 2019 dengan promovendus atas nama Dr. Yulis Setiya Dewi, S. Kep., Ns., M. Ng. Doktor Yulis adalah lulusan ke 218 dari Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat FKM Unair yang berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dengan predikat “Dengan Pujian/Cumlaude”.

Temuan baru dari disertasi berjudul “Pengembangan Model Resiliensi Terhadap Perubahan Perilaku Caring Perawat Icu Rumah Sakit Di Surabaya” adalah model resiliensi perawat yang berdampak terhadap meningkatnya perilaku caring perawat ICU yaitu menambahkan faktor pekerjaan (beban kerja, kondisi kerja, QNWL dan dukungan organisasi) sebagai faktor yang mempengaruhi stres kerja perawat.

Temuan yang kedua yaitu menambahkan faktor demografi (usia dan lama kerja), faktor pekerjaan, strategi koping dan recovery self-efficacy sebagai faktor yang mempengaruhi resiliensi perawat. Temuan yang ketiga adalah faktor stres tidak secara langsung mempengaruhi resiliensi perawat tetapi melalui jalur strategi koping dan recovery self efficacy. Penemuan yang keempat adalah peningkatan rasiliensi juga meningkatkan perilaku caring perawat ICU.

Di penghujung prosesi Ujian Doktor Terbuka Dotor Yulis menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT sehingga disertasi ini terselesaikan. Doktor Yulis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan disertasi semoga Allah SWT membalas segala kebaikan semua pihak yang telah memberikan bantuan. Besar harapan Doktor Yulis disertasi ini dapat bermanfaat kepada pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan masyarakat. Doktor Yulis juga menyampaikan rasa bangga dan kecintaannya kepada almamater yaitu Universitas Airlangga, terutama FKM yang mengantarkan beliau menjadi doktoral di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

 

Kontributor: Arini Novianty

 

 

 

About ilham ridlo

Lihat juga

Kepercayaan dan Norma Jadi Modal Sosial Pelaksanaan Pendampingan Ibu Hamil

FKM NEWS – Pelaksanaan pendampingan ibu hamil merupakan salah satu program dari pemerintah untuk menurunkan …

%d blogger menyukai ini: