Peningkatan Mutu RSUD Sosodoro Bojonegoro melalui Partisipasi Mahasiswa Peminatan Kespro 2023 sebagai Surveyor Kepuasan Pengunjung Rumah Sakit

FKM NEWS – Kepuasan pelanggan merupakan salah satu pondasi bagi institusi penyelenggara pelayanan publik dalam penilaian kekuatan ataupun kelemahan dari pelayanan publik yang dilakukan. Dalam instansi rumah sakit, outcome dari pelayanan kesehatan yang baik adalah kepuasan dari pasien itu sendiri.

Dalam mewujudkan upaya peningkatan mutu dan kualitas layanan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Bojonegoro bekerja sama dengan Universitas Airlangga sebagai pihak ketiga dalam pelaksanaan survey tersebut. Sejumlah 21 mahasiswa peminatan Kesehatan Reproduksi 2023 turut berpartisipasi sebagai surveyor dalam kegiatan pengukuran tingkat kepuasan staf dan pengunjung rumah sakit. Dibimbing oleh Dr. Lutfi Agus Salim, S.KM., M.Si. selaku dosen peneliti, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (16/4) mulai dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) tersebut telah rutin dilaksanakan setiap 6 bulan sekali oleh RSUD Sosodoro. Hasil dari survey akan menjadi salah satu bentuk evaluasi pelayanan bagi RSUD Sosodoro. Selain itu, hasil survey juga akan menjadi ide bagi RSUD Sosodoro untuk terus berinovasi dalam pelayanannya.

Sebelum terjun melakukan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), mahasiswa Kesehatan Reproduksi 2023 diberi arahan terlebih dahulu. Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyebar ke unit instalasi yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Bojonegoro. Unit instalasi tersebut berupa instalasi emergency atau IGD, instalasi rawat intensif, instalasi rawat inap, instalasi farmasi hingga instalasi rawat jalan.

Dalam pelaksanaannya, terdapat dua survey kepuasan yang akan dilakukan. Pertama, survey kepuasan untuk bidang internal yang melibatkan staf di setiap unit instalasi rumah sakit. Kedua, survey kepuasan untuk bidang eksternal dengan melibatkan pengunjung RSUD Sosodoro Bojonegoro di setiap unit instalasinya. Terlihat antusiasme staf dan pengunjung rumah sakit dalam pengisian Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan oleh mahasiswa Kesehatan Reproduksi 2023.

Buah hasil dari Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di RSUD Sosodoro Bojonegoro tentunya berdampak baik bagi mahasiswa. Annisa selaku Koordinator Tingkat (Komting) Kesehatan Reproduksi 2023 mengungkapkan bahwa kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di RSUD Sosodoro dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam melihat rumah sakit dengan status baik. Selain itu, mahasiswa secara tidak langsung dilatih untuk berkomunikasi dan memahami kebutuhan yang pengunjung inginkan.

“Menurut saya, kegiatan survey kepuasan di RSUD Sosodoro dapat memberikan kita gambaran seputar bagaimana rumah sakit dapat dikatakan baik berdasarkan indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian, kita juga dilatih untuk berkomunikasi mengenai apa saja kebutuhan yang diinginkan oleh pengunjung rumah sakit,” Ujar Annisa.

 

Penulis : Annisa Az Zahra & Hasna Hanifah Nurkamila