Rekomendasi Tontonan dan Game Kekinian yang Baik Untuk Kesehatan Mental

FKM NEWS – Tidak terasa sudah hampir sebulan lamanya, para mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Unair mengikuti anjuran pemerintah untuk belajar di rumah. Selama itu mereka setidaknya telah menyelesaikan dua pekan Ujian Tengah Semester (UTS) juga perkuliahan pasca masa UTS. Menjalani aktivitas di rumah saja dengan rutinitas yang hampir sama setiap hari diakui para mahasiswa sangat menjemukan.

Sebagai mahasiswa Kesmas yang sadar bahwa definisi sehat tidak hanya secara fisik, namun juga mental dan produktif, perlu ada kegiatan di rumah yang bisa meningkatkan endorphin demi kesehatan mental selama #stayathome. Maka dari itu mahasiswa semester 4 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat berbagi rekomendasi film, drama, dan game yang bisa dinikmati di rumah sambil menjalani aktivitas pokok.

  1. Maraton film-film masa muda

Banyak mahasiswa merekomendasikan untuk menonton film-film yang pernah hits pada jamannya. Film yang paling banyak direkomendasikan oleh mahasiswa semester 4 ini adalah sekuel film The Fast & Furious. Walaupun sekuel terakhirnya diluncurkan tahun 2017, film aksi balapan yang sudah memiliki 8 sekuel ini ini dianggap masih menarik untuk ditonton. Beberapa mahasiswa menyampaikan harapannya untuk dapat menonton sekuel ke-9 nya bersama teman-teman setelah pandemi ini berakhir. Selain The Fast & Furious, mahasiswa juga merekomendasikan untuk tidak melewatkan sekuel Harry Potter dan juga film-film para superhero yang tergabung dalam perkumpulan Avenger.

  1. Serial Drama Korea yang para pemainnya selalu di hati

Kalau yang ini adalah pilihan mayoritas para mahasiswi. Crash Landing on You (CLOY) merupakan drama yang paling banyak direkomendasikan. Hyun Bin (tokoh utama) dianggap cocok menjadi teman untuk menghabiskan waktu di sela-sela perkuliahan online. Selain CLOY, ada Itaewon Class dan Hi Bye, Mama! Yang banyak direkomendasikan. Bagi yang bosan dengan drama korea, dapat juga menikmati drama dari negeri Turki, Muhtesem Yuzyil Kosem. Khusus untuk hiburan serial drama, para mahasiswi menyampaikan pesan kesehatan untuk tidak menonton hingga lupa waktu. Ingat istirahat yang cukup berperan penting dalam meningkatkan imunitas.

  1. #PlayApartTogether campaign

World Health Organization (WHO) sekarang merekomendasikan permainan video game sebagai langkah aman untuk menekan rasa bosan selama di rumah. Kampanye #PlayApartTogether cocok bagi para gamer untuk tetap menjalankan hobi dan berinteraksi sosial sekaligus. Game yang paling direkomendasikan adalah game cacing.

Dalam game ini kita dituntut untuk bisa membuat cacing yang kita mainkan memakan apapun agar tubuhnya jadi makin besar mengalahkan cacing yang lain. Permainan ini direkomendasikan karena selain bisa dimainkan bersama-sama teman-teman secara online, permainan ini tidak menyedot kuota internet berlebihan. Pesan kesehatan yang disampaikan mahasiswa untuk aktivitas ini adalah jangan sampai kecanduan. Kecanduan game adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya selain Covid-19.

Mengingat tansmisi dari virus corona sangat cepat. Pembatasan pergerakan manusia merupakan salah satu kunci penting untuk mengendalikan penyebaran ini. Oleh karena itu ajakan #stayathome menjadi sangat penting dilakukan. Dengan #stayathome, semua akan berperan dalam menghentikan pandemi ini. Tetaplah produktif dan berbahagia di rumah. Selamat mencoba!

Penulis: Nuzulul Kusuma Putri, S.KM, M.Kes.

Editor: Tunjung Senja Widuri

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: