Home / Berita / Sepulang Kuliah Jadi Media Alternatif Pembelajaran di Luar Kelas

Sepulang Kuliah Jadi Media Alternatif Pembelajaran di Luar Kelas

FKM NEWS – Selain radio, kini podcast lebih banyak digemari oleh masyarakat. Khususnya oleh para kaum milenial. Tidak ingin kalah, Ilham Aksanu Ridlo S.KM., M.Kes, (Ilham) salah satu dosen di fakultas FKM UNAIR juga turut meramaikan podcast dengan akunnya yang berjudul Sepulang Kuliah.

Pada akun tersebut, Ilham lebih berfokus untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang telah dia dapatkan. Tidak sendirian, Ilham juga mengajak sang istri, Rizqy Amelia Zein, S.Psi., M.Sc. (Amel) yang juga berprofesi sebagai dosen di fakultas psikologi UNAIR untuk ikut menjadi partner berkaryanya.

“Selain untuk menyalurkan hobi dan keinginan untuk menjadi content creator, podcast kami juga menjadi media alternatif pembelajaran yang tidak sempat dibahas di dalam kelas,” ucap Ilham.

Judul Sepulang Kuliah dilatar belakangi oleh keduanya yang berprofesi sebagai dosen dan seringnya waktu yang bisa digunakan untuk melakukan rekaman adalah sepulang kuliah. Pada akun Sepulang Kuliah tersebut, Ilham dan Amel lebih banyak membahas mengenai jurnal ilmiah, open science dan kehidupan mereka sebagai dosen muda.

Open science sendiri merupakan sikap mental bagaimana akademisi bisa bersikap lebih arif memandang apa yang menjadi konsen akademisi terhadap ilmu. Intinya adalah open science membuka ruang keterbukaan tentang bagaimana proses science itu terbentuk. Sebagai contoh dalam penelitian, yaitu bagaimana data bisa transparan digunakan, hasilnya bisa dibuka ke banyak orang dan dimanfaatkan.

“Inti dari open science adalah ketermanfaatan ilmu pengetahuan dan tidak membuat ilmu pengetahuan di komersialisasi,” jelas Ilham.

Untuk menambah variasi konten podcastnya, Ilham juga sempat mengajak mahasiswa dan dosen dari universitas lain untuk berkolaborasi. Salah satunya adalah episode terkait pengindeks publikasi ilmiah yang mengundang Dr. Dasapta Erwin Irawan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Episode tersebut juga menjadi salah satu episode Sepulang Kuliah yang paling banyak didengar oleh publik.

Podcast Sepulang Kuliah dapat didengar pada aplikasi anchor, apple podcast, google podcast, spotify, dan pocket podcast. Sejauh ini, jangkauan pendengar podcast tersebut berasal dari Indonesia, New Zealand, Amerika, Australia hingga Inggris. Ilham dan Amel bahkan juga membuatkan akun twitter sebagai media untuk menyebarkan podcast dan media komunikasi dengan pendengar.

Ilham berharap, kedepannya dia dan istri bisa terus konsisten dalam membuat konten. Ilham juga berharap, semangat untuk berbagi tersebut juga tertular kepada para mahasiswa agar lebih banyak berbagi dan bermanfaat untuk orang sekitar dan kepada umat.

Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2019/06/05/manfaatkan-podcast-sebagai-media-berbagi-ilmu-dan-pengalaman/

 

Penulis : Galuh Mega Kurnia

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Kepercayaan dan Norma Jadi Modal Sosial Pelaksanaan Pendampingan Ibu Hamil

FKM NEWS – Pelaksanaan pendampingan ibu hamil merupakan salah satu program dari pemerintah untuk menurunkan …

%d blogger menyukai ini: