SNMPTN 2020: Prodi di FKM Unair Tempati Tingkat Keketatan Tertinggi dan Peminat Terbanyak

FKM NEWS – Salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga ( Unair) membuka kesempatan pada calon mahasiswa untuk mendaftar pada TA 2020 yang lalu. Salahsatu jalurnya adalah jalur SNMPTN. Daya tampung SNMPTN UNAIR (Universitas Airlangga) dilihat dari kapasitas atau peluang lolos calon peserta pada sebuah Program studi yang ada di Universitas Airlangga . Jalur ini disebut juga dengan jalur undangan, karena tanpa tes sama sekali. Jalur SNMPTN ini diselenggarakan oleh LTMPT.

Hasil dari SNMPTN 2020, menempatkan dua prodi S1 di FKM Unair masuk sebagai Prodi dengan keketatan tinggi dan jumlah peminat terbanyak. Untuk Prodi dengan tingkat keketatan tinggi diperoleh oleh Prodi S1 Gizi (SGz). Prodi S1 Gizi termasuk prodi dengan tingkat keketatan tinggi di bidang jurusan SAINTEK dengan tingkat keketatan 3,37%. Tingkat keketatan ini dihitung dari perbandingan jumlah daya tampung dengan peminat. Misalnya dari 1000 jumlah peminat, 10 orang peminat yang dapat diterima, berarti tingkat keketatan persaingannya 1%.

Sementara itu, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat menempati Prodi dengan peminat terbanyak di bidang SAINTEK dengan 1.295 calon peminat mahasiswa. Torehan tersebut melampaui peminat pendidikan kedokteran, walaupun tertinggi duduki oleh Farmasi. Peminat terbanyak ini salahsatunya menunjukkan bahwa prodi kesehatan masyarakat sudah semakin diketahui oleh publik, termasuk peran serta Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) di lapangan kerja kian kompetitif. (IAR)

About the author

Webmaster dan Editor-in-Chief FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: