Sospro Alghaba, Aksi Nyata Mahasiswa Baru FKM UNAIR 2019

FKM NEWS – Menjadi serangkaian acara event angkatan mahasiswa baru 2019 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), Social Project (Sospro) bertajuk ‘Sospro Alghaba’ menjadi bentuk aksi nyata mahasiswa dalam bidang pengabdian. Seluruh mahasiswa baru FKM UNAIR diharuskan untuk mengikuti sospro yang dilaksanakan pada (19/10/19) di Panti Asuhan Bj. Habbi dan pada (20/10/19) di RT 06 RW 01 Kelurahan Mulyorejo.

Event angkatan 2019 mengangkat tema besar yakni welcome to the jungle yang didasarkan atas keprihatinan para mahasiswa dengan adanya kebakaran hutan yang sedang marak terjadi. Hal ini dimaksud untuk mengingatkan kepada semua orang bahwa keberadaan hutan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Imam Syafi’i selaku ketua panitia menyampaikan bahwa tidak jauh dari tema event angkatan, Sospro Alghaba diharapkan dapat menjadi seperti hutan yang mampu memberikan manfaat bagi seluruh kehidupan masyarakat. Terutama bagi mahasiswa baru 2019, agar dapat mengabdi dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat.

“Untuk sospronya sendiri kami ingin seperti hutan, yang memberi manfaat kepada seluruh kehidupan. Begitu pun dengan angkatan kami, kami ingin menjadi manfaat bagi masyarakat yang ada,” ungkapnya.

Kegiatan sospro yang dilaksanakan selama dua hari itu menjadikan anak-anak panti Bj Habibi dan warga RT.06 RW.01 kelurahan Mulyorejo sebagai sasaran kegiatan. Lalu juga memiliki beberapa kegiatan, seperti sosialisasi dan edukasi terhadap anak panti; memberi sembako pada panti; senam bersama warga; bermain dengan anak kampung; kerja bakti bersama warga; dan bagi-bagi sembako kepada warga.

Imam mengaku, bahwa kegiatan sospro itu dapat memberikan banyak manfaat baik bagi masyarakat maupun angkatannya sendiri. Beberapa diantaranya yakni, mahasiswa baru 2019 FKM UNAIR bisa mendapat pengalaman terjun langsung ke masyarakat, dan melalui sosialisasi dan praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang diberikan ketika sospro, dapat melatih anak-anak dan warga dalam melakukan kebiasaan mencuci tangan, sikat gigi, menjaga kebersihan lingkungan, dan sadar akan menjaga kesehatannya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat merekatkan angkatan 2019 dikarenakan mahasiswa menjadi lebih sering berkomunikasi dan berkoordinasi untuk kesuksesan acara. Imam berharap, seluruh mahasiswa yang terlibat dapat mengambil pengalaman dan merasakan nikmatnya melakukan pengabdian masyarakat. Kemudian, diharapakan pula masyarakat dapat merealisasikan apa yang diberikan pada sospro, serta bisa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya.

“Harapannya, tentu teman-teman angkatan 2019 bisa mengambil pengalamannya, bisa mengambil hikmahnya, dan teman-teman bisa merasakan pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: