Breaking News
Home / Berita / Strategi Pendekatan Kepada “Pelanggan” untuk Cegah Penulara HIV

Strategi Pendekatan Kepada “Pelanggan” untuk Cegah Penulara HIV

FKM NEWS –  Pendekatan kepada pelanggan PSK sebagai paya pencegahan penyebaran HIV AIDS sulit dilakukan. Sehingga dapat dilakukan pendekatan kepada masyarakat secara umum. Diantaranya dapat dilakukan dengan cara ceramah, testimoni penderita HIV, testimoni pasien narkoba yang terkena HIV, seminar anti HIV dan lain sebagainya.

“Kita bisa melakukan ceramah HIV secara umum seperti seminar ancaman HIV dan Narkoba di kalangan bapak-bapak, dharmawanita, mahasiswa baru dan lain sebagainya,” ujar dr. Prijono Satyabhakti MS., MPH, dosen FKM UNAIR.

Kepada pemerintah dan pihak terkait lainnya dr. Pri berpesan bahwa dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran HIV/AIDS harus dilakukan bersama-sama. Bekerja sama antara sektor kesehatan, ekonomi, agama, pemimpin lokal dan lain sebagainya.

Saling mengamati dan menyebarkan informasi seluas-luasnya juga penting dilakukan. Diterangkan kepada masyarakat umum siapa saja yang berisiko terkena dan bahwa kita semua berisiko untuk terkena.

Selain itu, dr. Pri juga mengapresiasi kebijakan pemerintah agar calon pengantin melakukan cek HIV sebelum menikah. Sehingga, dapat dideteksi secara dini siapa saja yang mengindap penyakit tersebut dan mencegah penularan pada pihak lain.

“Kita membuat penderita HIV/AIDS jadi nol itu susah. Namun setidaknya kita harus meminimalisir,” pungkas dr. Pri.

 

Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2019/09/13/keterbukaan-dan-penyebarluasan-informasi-jadi-kunci-pencegahan-hiv-aids/

About galuhmegakurnia

Lihat juga

Begini Tantangan Ahli Kesehatan Masyarakat di Era Revolusi Industri 4.0

FKM NEWS – Revolusi industri 4.0 merupakan era dimana teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, …

%d blogger menyukai ini: