Temukan dan Optimalkan Potensi Diri ala Mawapres FKM 2018

FKM NEWS – Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda. Potensi tersebut kemudian dapat dioptimalkan sehingga bisa menjadi sebuah prestasi. Meskipun begitu, masih banyak mahasiswa yang belum begitu mengetahui cara menemukan dan mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri sendiri.

Berikut tips untuk menemukan dan mengoptimalkan potensi diri selama kuliah di fakultas kesehatan masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) oleh Aisyah Putri Rahvy, mahasiswa berprestasi (Mawapres) FKM UNAIR 2018.

Aisyah Putri Rahvy, Mawapres FKM 2018

Mengenali Minat

“Untuk mengetahui potensi dan kelebihan diri, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat minat diri sendiri terlebih dahulu,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Aisyah tersebut.

Menurut Aisyah, salah satu cara untuk mengetahui minat adalah dengan melihat antusiasme seseorang terhadap suatu hal. Sebagai contoh, S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) memiliki tujuh departemen yaitu AKK, K3, Kesehatan Lingkungan, PKIP, Epidemiologi, Gizi dan Biostatistika.

Salah satu cara untuk mengetahui seorang mahasiswa berminat pada suatu departemen adalah dengan menyadari antusias yang muncul ketika mahasiswa tersebut mengikuti mata kuliah terkait departemen tersebut. Atau antusias yang muncul ketika membahas isu dan hal lain yang berkaitan dengan departemen tersebut.

Evaluasi Terhadap Minat yang Dimiliki

Setelah mengetahui minat apa saja yang dimiliki, maka langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan dengan melihat penilaian dan feedback dariteman, dosen dan keluarga terkait performa diri individu atas minat tersebut.

Contohnya adalah tujuh departemen yang ada di S1 Kesmas. Ketika seorang mahasiswa sudah menemukan departemen apa saja yang menjadi minatnya, maka untuk melihat potensi yang dia punya pada minat tersebut adalah dengan melihat nilai mata kuliah yang berkaitan dengan departemen tersebut.

“Selain nilai, mahasiswa juga bisa melihat bagaimana feedback teman dan dosen kepada kita terkait segala hal yang berhubungan dengan departemen yang kita minati tersebut,” ucap Aisyah yang juga merupakan wakil satu duta UNAIR 2018.

Cari Peluang

Hasil evaluasi dan penilaian terhadap minat mahasiswa kemudian dapat digunakan mengetahui potensi dan kelebihan yang dimiliki. Setelah mengetahi potensi dan kelebihan tersebut, maka mahasiswa harus pintar-pintar mencari peluang untuk berprestasi.

“Misalnya, aku sendiri menilai diriku berpotensi pada bidang public speaking dan bernyanyi. Untuk itu, sebagian besar lomba dan kegiatan yang kuikuti berkaitan dengan kedua potensi itu,” ujar Aisyah.

Manajemen Waktu

Setelah memutuskan untuk mengoptimalkan potensi diri dengan mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan, Aisyah menganjurkan kepada mahasiswa untuk tidak melupakan tanggung jawab akademiknya. Untuk itu, mahasiswa harus pintar dalam memanajemen waktu.

“Dalam manajemen waktu ini, mahasiswa harus pintar menentukan skala prioritas. Selain itu, lebih baik mengerjakan tugas kuliah jauh-jauh hari sebelum waktu deadline agar kegiatan akademik dan non akademik dapat berjalan selaras,” jelas Aisyah.

Untuk mahasiswa FKM UNAIR, khususnya yang masih berada disemester awal, Aisyah berpesan agar tidak menyia-nyiakan waktu selama kuliah. Jangan melewatkan kesempatan yang datang, karena menurut Aisyah kita tidak akan tahu kesempatan mana yang bisa membuat diri menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Ilham Akhsanu Ridlo

Gambar : Aisyah Putri Rahvy, mawapres FKM 2018 dan wakil 1 duta UNAIR 2018

About the author

Webmaster dan Editor-in-Chief FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: