Terjun Kejalan, KKN Tulungagung Unair Bagi-bagi Masker dan Sosialisasikan Cara Penggunaannya dengan Benar

FKM NEWS– Hingga kini pandemi Covid-19 masih berlanjut, diiringi dengan angka positif Covid-19 di Indonesia yang terus bertambah. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Airlangga (UNAIR) untuk turut andil dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

KKN BBM ke-62 yang dikoordinir oleh Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) dilakukan dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena disesuaikan dengan adanya pandemi. Inovasi kegiatan yang dibuat mahasiswa KKN juga sangat beragam salah satunya inovasi mahasiswa KKN di Karangwaru, Tulungagung.

Kegiatan yang menjadi perhatian yakni KKN BBM ke-62 di Karangwaru, Tulungagung yang terdiri dari sembilan orang mahasiswa mendatangi warga satu per satu untuk memberi dan mensosialisasikan bagaimana menggunakan masker yang bener kepada masyarakat pada Jumat (13/07/2020). Masker merupakan Alat Pelindung Diri (APD) terpenting untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19.

Anisa Nur Kholifa Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2017 yang menjadi salah satu anggota KKN di Karangwaru, Tulungagung mengungkapkan bahwa sasaran kegiatan bukan hanya petugas kelurahan namun tukang becak, tukang parkir, dan tukang sapu jalanan yang menjadi fokus utamanya. “Jadi kita dibagi menjadi tiga tim yang menyebar ke terminal gayatri, alun-alun, dan pertokohan di wilayah Tulungagung, masyarakat sangat atusias saat kami datangi” Imbuhnya.

Agar memastikan pemakaian masker sudah sesuai aturan maka tidak hanya memberi dan mensosialisasikan cara pemakaian masker namun masyarakat juga harus mempraktekannya langsung didepan para mahasiswa.

Program kerja yang mengharuskan Anisa dan kawan-kawan untuk bertemu langsung dengan masyarakat membuat mereka harus bener-benar melakukan antisipasi agar terhindar dari risiko tertular Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, sesering mungkin mencuci tangan, menjaga jarak, dan ketika pulang kerumah langsung mandi dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah.

“Saya bersyukur mendapatkan kesempatan menerapkan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.” Tutur Anisa.

Anisa menjelaskan lebih lanjut bahwa dengan adanya KKN BBM ke-62 ini membuat mereka jadi lebih tahu realita di lapangan dan belajar mempraktekan ilmu yang pernah diajarkan selama perkuliahan. Harapannya dari kegiatan ini masyarakat bisa tahu bagaimana cara memakai, kapan harus mengganti, dan bagaimana perawatan masker yang benar.

Penulis: Arira Celia Virta Parawansa

Editor: Tunjung Senja Widuri

 

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: