Tiga Mahasiswa FKM UNAIR Masuk 4 Besar LKTI Safety Competition 2021

Tiga Mahasiswa FKM UNAIR ketika mengikuti safety competition 2021

FKM NEWS – Tiga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) yang terdiri atas Vina Himmatus Sholikhah, Trisna Nurya Majid dan Muhammad Rizky Widodo berhasil masuk dalam empat besar pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI) Safety Competition 2021.

Dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik K3 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya itu, ketiga mahasiswa FKM mengusung ide dengan membuat sebuah aplikasi edukasi terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Aplikasi tersebut ditujukan kepada siswa-siswi SMK agar mereka mengetahui dan dapat menerapkan budaya K3 ketika bekerja.

“Siswa-siswi SMK kita pilih sebagai sasaran karena mereka diharapkan langsung siap bekerja setelah lulus dari pendidikannya. Sehingga, mereka juga dituntut untuk memiliki sikap dan budaya K3 agar dapat mengurangi angka kecelakaan kerja,” ucap Vina, selaku ketua tim.

Lebih lanjut, Vina mengatakan dengan mengikuti perlombaan tersebut dapat menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk turut merayakan bulan K3. Terlebih, perlombaan itu memang diselenggarakan untuk memperingati bulan K3.

Sebelum mengikuti perlombaan, tambah Vina, yang harus dipersiapkan adalah melakukan brainstorming ide dan penyusunan proposal. Namun, setelah Vina dan tim berhasil melaju hingga ke babak final, mereka juga harus membuat sebuah video, melakukan latihan presentasi dan melakukan bimbingan dengan Putri Ayuni Alayyannur , S.KM., M.KKK. selaku pembimbing dan dosen K3 di FKM.

“Meskipun hanya berhasil sampai 4 besar, tetapi kita tetap merasa senang dan bersyukur karena masih ada kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya kita di depan dewan juri dan para finalis lain,” cerita Vina pada Senin (22/03/21).

Ke depan, Vina dan tim berharap dapat mengikuti kompetisi yang lain hingga berhasil mencapai tiga besar. Tidak hanya itu, Vina juga berharap agar ide-ide yang telah mereka buat dapat membawa manfaat bagi sekelilingnya dan bagi Indonesia.

“Mari manfaatkan waktu kalian sebaik-baiknya. Jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru, karena apa yang kita lakukan sekarang pasti akan memberikan ilmu dan pengalaman baru yang mungkin tidak akan pernah kita dapatkan jika hanya duduk di dalam kelas,” pesan Vina kepada mahasiswa lain. (*)

Penulis : Dita Aulia Rahma

About the author

Kontributor FKM NEWS
EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: