Tingkatkan Pemahaman Kompetensi S.KM, BToPH Gandeng Alumni Sebagai Pemateri

FKM NEWS – Basic Training of Public Health (BToPH) merupakan kegiatan orientasi jurusan bagi mahasiswa baru kesehatan masyarakat. Puncak kegiatan itu telah diselenggarakan pada Sabtu hingga Minggu tanggal 21-22 September 2019 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR).

Banyak kegiatan yang bermanfaat dalam orientasi jurusan tersebut, salah satunya adalah sharing alumni. Tujuan kegiatan itu adalah untuk memperkenalkan kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang sarjana kesehatan masyarakat (S.KM) kepada mahasiswa baru. Selain itu, tujuan adanya kegiatan tersebut adalah untuk menjalin kembali hubungan silaturahim antara panitia dan mahasiswa baru dengan alumni FKM.

“Tujuan kegiatan itu (sharing alumni, Red) juga untuk menjalin kembali hubungan silaturahim antara panitia, mahasiswa baru dan alumni,” ucap panitia yang akrab disapa Mei tersebut.

Berbeda dari biasanya, kegiatan sharing tersebut dikemas dengan berbagai permainan yang menarik. Total ada empat permainan yang dilaksanakan di empat tempat berbeda. Masing-masing permainan memiliki esensi yang menjurus pada kompetensi seorang S.KM.

“Kegiatannya dibagi jadi empat pos, masing-masing punya esensi yang berbeda,” tutur Rani sebagai koordinator lapangan.

Kompetensi S.KM yang di ajarkan pada masing-masing pos tersebut adalah kemampuan untuk melakukan kajian dan analisa, kemampuan untuk mengembangkan kebijiakan dan perencanaan program kesehatan, kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, kemampuan memahami dasar-dasar kesehatan masyarakat, kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana, kemampuan untuk memahami budaya lokal, dan kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistem.

Konsep permainan dipilih agar mahasiswa baru lebih mudah dalam menangkap esensi yang ingin disampaikan. Selain itu, dengan menggunakan permainan, sharing akan terkesan lebih menyenangkan sehingga dapat mendekatkan alumni dengan mahasiswa baru.

Sebagai penutup, diharapkan kegiatan sharing alumni akan terus dipertahankan tahun depan. Tentunya dengan konsep yang lebih menarik dan lebih baik lagi. (*)

Penulis : Dita Aulia Rahma

Editor : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: