Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh Ketika Puasa

FKM NEWS – Menjaga imunitas tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau masyarakat supaya menjaga Imunitas tubuh ketika pandemi Covid -19 masih berlangsung.

Namun seperti yang diketahui bahwa saat ini umat muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa. DI mana mereka menahan makan atau minum dari terbitnya fajar (Adzan subuh) sampai terbenamnya matahari (Adzan Maghrib). Asupan makanan yang kurang akan berefek terhadap imunitas tubuh yang semakin menurun. Lalu bagaimana menjaga asupan nutrisi supaya tetap baik ketika berpuasa? Berikut akan dibagikan tips rekomendasi asupan nutrisi kesehatan dari WHO :

  1. Minum banyak air dan buah mengandung air

Minumlah banyak air putih antara jam buka puasa dan sahur . Temperatur yang tinggi pada siang hari  akan menghasilkan keringat lebih banyak, jadi penting untuk minum cairan sebagai pengganti cairan yang hilang di siang hari (setidaknya 10 gelas pada malam hari ketika tidak berpuasa). Asupan air bisa diperoleh juga dengan mengkonsumsi buah yang mengandung air, seperti semangka, melon. Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh dan cola, karena kafein dapat membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman bersoda juga dapat menambah kalori

  1. Berbuka puasa dengan makan makanan yang sehat dan seimbang

Berbukalah dengan yang manis-manis, seperti kurma. Kurma adalah sumber serat yang sangat baik untuk dikonsumsi. Mengonsumsi sayuran seperti biji-bijian utuh yang memberi energi juga serat pada tubuh. Meniikmati daging tanpa lemak panggang, panggang ayam dan ikan tanpa kulit untuk porsi protein sehat yang baik. Sebainya, mhindari gorengan dan makanan olahan yang tinggi lemak atau gula. Nikmati makanan dan hindari makan berlebih dengan makan perlahan. Hindari terlalu banyak permen setelah berbuka puasa karena mengandung sirup gula dalam jumlah besar. Manis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah buah yang mengandung air dingin, seperti semangka / melon.

  1. Dianjurkan untuk Sahur

Makanan sahur yang dianjurkan ini mencakup sayuran, satu porsi karbohidrat seperti nasi atau roti yang terbuat dari gandum, makanan kaya protein seperti produk susu (keju yang tidak asin /labane / susu), telur, dan juga minuh teh hangat.

Selain itu aktivitas fisik juga diperlukan dalam menjaga imunitas, aktivitas fisik ini bisa dilakukan dengan cara menyapu rumah, mencuci piring ataupun senam. Selain aktivitas fisik, tidur dengan cukup juga diperlukan ketika berpuasa diupayakan lebih awal dari biasanya karena saat berpuasa dianjurkan untuk bangun sahur.

Berpuasa memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, adapun manfaat dari puasa antara lain :

  1. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal
  2. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik
  3. Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat

Penulis: Muhammad Dicky Alfaridzi (Awarde beasiswa Bank Muamalat)

Editor: Tunjung Senja Widuri

 

Sumber

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/23/apa-saja-manfaat-puasa

http://www.emro.who.int/nutrition/nutrition-infocus/dietary-recommendations-for-the-month-of-ramadan.html

EnglishIndonesian
%d blogger menyukai ini: