Manfaat Makanan Pedas Terhadap Kesehatan

Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang sering digemari oleh banyak orang. Makanan pedas juga dianggap sebagai makanan yang menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan. Namun, makanan pedas juga dinilai sebagai makanan yang dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit pencernaan, seperti peningkatan asam lambung, diare, dan usus buntu.

Makanan pedas memiliki beberapa manfaat terhadap tubuh kita, seperti meningkatkan nafsu makan, menurunkan berat badan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. vitamin C dan A pada cabai yang digunakan pada makanan pedas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit sebagai antioksidan. Rasa pedas yang timbul pada saat kita mengkonsumsi makanan pedas dihasilkan oleh senyawa capsaicin pada cabai di dalam makanan pedas. Senyawa capsaicin tersebut dapat meningkatkan temperatur tubuh dan meningkatkan kerja metabolisme tubuh sehingga kalori tubuh dapat lebih mudah terbakar.

Namun, makanan pedas juga memiliki beberapa efek samping bagi yang mengonsumsinya secara berlebihan. Makanan pedas merupakan salah satu penyebab utama penyakit pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi, serta mengetahui bagaimana efek yang akan terjadi pada kita setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Oleh: Nathania Indrawati

Referensi:

Ao, Zhimin, 2022. Spicy Food and Chilli Peppers and Multiple Health Outcomes: Umbrella Review. Molecular Nutrition & Food Research, 2022, Dec, 66(23): 2200167. DOI: 10.1002/mnfr.202200167.