Divisi Epidemiologi

Division of Epidemiology

Divisi Epidemiologi

Divisi Epidemiologi merupakan bagian dari Departemen Epidemiologi, Biostatistika, Kependudukan dan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku yang bertugas dalam menyampaikan keilmuan epidemiologi. Ilmu Epidemiologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari keadaan atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan di dalam populasi tertentu. Penerapan ilmu ini diharapkan mampu mengendalikan masalah-masalah kesehatan masyarakat berdasarkan konsep ilmu kesehatan masyarakat (promotif, preventif, dan protektif).

Ketua Divisi

Staf Dosen

S2 Epidemiologi

Pendidikan Magister (M.Epid)

“Menjadi Program Studi Magister yang terkemuka dan sebagai benchmarker dalam mengembangkan IPTEK di bidang Epidemiologi dengan tata kelola yang berorientasi pada mutu”

Keberhasilan pembangunan kesehatan dipengaruhi oleh tersedianya sumber daya manusia di bidang kesehatan yang terampil, ahli, memiliki perencanaan kesehatan yang matang dan didukung oleh data serta informasi epidemiologi yang valid. Data epidemiologi digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh penentu kebijakan dalam upaya tercapainya tujuan kesehatan baik nasional maupun kesehatan daerah yang lokal dan spesifik. Tenaga epidemiologi sangat dibutuhkan sebagai salah satu indikator kinerja penyelenggaraan Sistem Surveilans Epidemiologi Kesehatan di tingkat Pusat, Propinsi, Kabupaten/Kota, Rumah sakit dan Puskesmas.

Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga melalui Program Studi Magister Epidemiologi berperan aktif dalam menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan para ilmuwan dan praktisi di bidang Kesehatan Masyarakat terutama bidang Epidemiologi.

Program Studi Magister Epidemiologi memiliki 3 (tiga) Minat Studi yaitu:

  1. Epidemiologi
  2. Surveilans Epidemiologi dan Informasi Kesehatan
  3. Epidemiologi Lapangan (Field Epidemiology Training Program – FETP)

Kontak & Informasi

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Kampus C Mulyorejo, UNAIR 60115
Email: info@fkm.unair.ac.id

Senin – Jumat 8:00 A.M. – 15:00 P.M.

Informasi Sosial Media

Informasi Terkini

Kontak dan Informasi Divisi Epidemiologi

 

Divisi Epidemiologi
Lantai 2, FKM Unair
Kampus C Mulyorejo 60115

 
EnglishIndonesian