PALM SUGAR VS BROWN SUGAR

Gula merupakan bahan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan salah satu merupakan sumber kalori, gula juga merupakan bahan pengawet alami. Gula berfungsi untuk memberikan tekstur, kenampakan, dan rasa yang ideal (Basuki, 2019). Gula mempunyai bentuk, aroma, dan fungsi yang berbeda. Terdapat beberapa jenis gula yang berfungsi untuk memudahkan dalam proses pengolahan dan penggunaan makanan salah satunya adalah palm sugar dan brown sugar.

Gula palem (palm sugar) disebut juga dengan istilah gula semut. Gula palem berasal dari nira/sari batang bunga pohon aren yang berbentuk butiran seperti pasir halus dan berwarna coklat. Gula ini banyak dikonsumsi sebagai sweetener di benua Asia. Selain itu, gula palem juga memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah daripada gula tebu sehingga lebih banyak disukai. Gula palem memiliki kandungan kadar air yang rendah dibandingkan dengan gula merah serta memiliki daya simpan yang lebih lama. Proses pembuatan gula palem dimulai dengan cara mencincang gula merah kemudian dipanaskan dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong. Setelah dipanaskan selama 2 jam, kristal gula palem mulai terbentuk. Pemanasan dan pengadukan terus dilakukan sampai seluruh gula merah telah mengkristal menjadi gula palem.

Brown sugar adalah jenis gula pasir yang proses pembuatannya belum selesai dan dibubuhi molasses (tetes tebu) sehingga menghasilkan warna kecoklatan. Ada beberapa macam brown sugar yaitu soft/light brown sugar dan dark brown sugar. Gula ini banyak dikonsumsi di Taiwan sebagai tambahan dalam roti, cake, dan cookies karena memberikan tampilan dan flavor yang unik dan dianggap lebih sehat daripada taburan gula putih. Proses pembuatan brown sugar dimulai dari nira segar dimasukkan kedalam kuali dengan panas tertentu sampai bahan menjadi kental. Pemanasan berlangsung sampai volume nira (sirup aren) berkurang sampai 1/10 dari volume semula. Baru setelah itu cairan kental dituangkan kedalam cetakan dan ditunggu hingga mendidih.

DAFTAR PUSTAKA

Hasan, Ismail, dan Hasnida. 2020. Proses Pembuatan Gula Merah. Maspul Journal of Community Empowerment. 1(1); 80-87.