SNACKING KEBIASAAN BURUK?

Banyak yang salah mengerti, bahwa snacking adalah kebiasaan buruk yang salah satunya dapat membuat tubuh gemuk. Padahal, snacking tak selalu identik dengan makan makanan yang tinggi gula, minyak, lemak, bahan tambahan pangan, rendah serat dan lain sebagainya. Makanan jajanan jenis ringan (snack) adalah makanan yang sering disantap di luar waktu makanan utama yang sering juga disebut dengan makanan selingan yang bisa terjadi pada saat antara sarapan dan makan siang seperti aneka kudapan dan aneka jajanan pasar.

Snack atau makanan ringan sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini. Survei State of Snacking 2020 dari Mondelez International yang mengungkap kebiasaan dan tren ‘ngemil’ masyarakat Indonesia yang lebih banyak mengonsumsi camilan daripada makanan berat. Snack yang dikonsumsi sebagai makanan cemilan menyumbangkan 10% energi dari total kebutuhan energi satu hari (Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan, 2018). Kebiasaan ngemil atau snacking makanan dengan densitas energi yang tinggi dapat menjadi penyebab tingginya asupan lemak jenuh dan total energi dalam sehari yang pada akhirnya tingkat kecukupan gizi seseorang akan meningkat dari yang seharusnya (Pratiwi, 2017).

Fungsi utama snacking adalah membantu memenuhi kecukupan zat gizi yang sulit terpenuhi dari makanan utama. Camilan juga membantu mengurangi porsi makan yang besar karena perut tidak terlalu lapar. Zat gizi utama yang biasanya sulit terpenuhi dari makanan utama saja adalah protein dan serat. Usahakan untuk memilih snack dengan sumber protein dan serat untuk mencukupi kebutuhan harian menjaga rasa kenyang. Tapi yang perlu diingat jangan makan snack mendekati jam makan. Snacking baiknya dilakukan secara terjadwal idealnya 2 sampai 3 jam setelah makan utama untuk mencegah overeating dan menjaga rasa kenyang.

 

DAFTAR PUSTAKA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Badan Penelitian dan Pengembangan 2018, Kemenkes RI.

Nurhayati, Ai, dkk. 2012. Pengaruh Mata Kuliah Berbasis Gizi pada Pemilihan Makanan Jajanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1).

Pratiwi, A. A. 2017, ‘Hubungan Konsumsi Camilan dan Durasi Waktu Tidur dengan Obesitas di Permukiman Padat Kelurahan Simolawang, Surabaya’, hlm. 153–161.