Manfaat Konsumsi Infused Water Terhadap Kesehatan

Infused water merupakan minuman yang terbuat dari campuran air putih dan buah-buahan dengan cara direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Infused water juga dikenal sebagai air detoks alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh (Sugiarti, et al 2023).

Beberapa jenis buah yang cocok untuk dijadikan infused water, antara lain lemon, jeruk, pir, stroberi, kiwi, apel, anggur, melon, bluberi, dan mentimun. Sementara untuk buah lainnya, seperti semangka, pisang, mangga, alpukat, pepaya dengan tekstur yang mudah hancur sebaiknya tidak digunakan dalam pembuatan infused water (Sugiarti, et al 2023).

Infused water memiliki beberapa keunggulan dari segi gizi dibandingkan dengan air putih. Berikut beberapa kelebihan infused water dibandingkan air putih (Puspaningtyas & Prasetyaningrum, 2014), antara lain lebih kaya vitamin, lebih kaya mineral, rasa air lebih segar dan nikmat, aromanya khas, dan warna lebih menarik.

Selain itu, beberapa manfaat yang dapat dinikmati dari mengonsumsi infused water, antara lain meningkatkan hidrasi karena rasa dan aroma yang ditambahkan ke air bisa mendorong kita untuk mengonsumsi lebih banyak air dan meningkatkan hidrasi tubuh. menambahkan nutrisi karena adanya huah-buahan dan sayuran yang digunakan dalam infused water memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. menyediakan variasi rasa karena infused water memberikan variasi rasa yang segar dan menyenangkan dibandingkan dengan air biasa, sehingga dapat menjadi alternatif sehat untuk minuman berkalori tinggi (Maulana, et al 2023).

Oleh: Nathania Indrawati 

Referensi:

Maulana, Ilham, et al. 2023. Edukasi Pemanfaatan Buah dan Rempah Toga sebagai Bahan Dasar Pembuatan Infused Water untuk Detoksifikasi Tubuh di SMKN 2 Rangkas Bitung. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1. No. 2.

Puspaningtyas, D. E. & Prasetyaningrum, Y. I. 2014. Variasi favorit infused water berkhasiat. Jakarta Selatan: FMedia.

Sugiarti, Lilis, et al. 2023. Pemanfaatan Infused Water Minuman Sehat Sebagai Daya Tahan Tubuh Bersama Pengurus PKK Desa Prambatan Lor Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan. Vol. 6, No. 2. DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i2.349