Pentingnya Melakukan Medical Check Up

Medical check-up merupakan tindakan yang seharusnya bersifat rutin untuk dilakukan dengan mencakup pemeriksaan untuk layanan pencegahan klinis dan termasuk kepada seseorang yang tidak memiliki tanda ataupun gejala sakit. Hal tersebut adalah proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin (Culica, 2012). Pelaksanaan medical check-up yang efisien dan efektif diharapkan dapat mendapatkan hasil laporan yang akurat sehingga dapat dilakukan tindakan perawatan atau pencegahan yang tepat.

Menurut Harms (2008), pemeriksaan kesehatan (medical check-up) adalah waktu ketika seseorang dapat secara proaktif menanyakan kondisi kesehatannya, masalah kesehatan, dapat belajar bagaimana tentang perawatan tubuh, meminta saran dan evaluasi, meminta pengobatan sesuai kondisi, juga belajar tentang pencegahan suatu penyakit (tindakan preventif) sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Medical check-up (MCU) berguna untuk mendeteksi penyakit sedini mungkin untuk mencegah komplikasi dari suatu penyakit sedini mungkin.

Oleh: Nathania Indrawati

Referensi:

Culica D, Rohrer J, Ward M, Hilsenrath P, Pomrehn P, 2012, Medical Checkups: Who Does Not Get Them?, Americal Journal of Public Health, Januari 2012,: 88-91.

Harms L, 2008, The Health Checkup: Taking Responsibility for Your Health Care, Desember 2008, Michigan Bar Journal.