Pentingnya Sarapan Pagi sebelum Beraktivitas

Sarapan dapat diartikan sebagai kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara  bangun pagi sampai jam 9 pagi untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian untuk  mewujudkan  hidup sehat, aktif, dan produktif.

Sarapan  secara  tidak  langsung  dapat  memengaruhi  produktivitas seseorang. Ada  2 manfaat yang  bisa  diambil  apabila  siswa  melakukan  sarapan  pagi,  yaitu  meningkatkan  kadar gula darah yang akhirnya meningkatkan konsentrasi dalam melakukan suatu aktivitas. Selain itu, sarapan juga berfungsi proses fisiologis dalam tubuh. Sarapan akan memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak, vitamin dan mineral (Mawarni, 2018)

Keadaan sistem pencernaan dalam kondisi kosong saat bangun tidur dan harus diisi agar dapat mengerjakan berbagai aktivitas. Adanya suplai energi yang optimal akan menyehatkan tubuh sehingga membuat  organ  tubuh  bekerja  dengan  baik.  Tanpa  stamina  yang  prima, seseorang akan sulit berkonsentrasi bahkan dapat mengakibatkan pingsan saat melakukan aktivitas. (Ratna  Yunita  &  Susila  Nindya, 2017).

Oleh: Nathania Indrawati

Referensi:

Mawarni, E. E. 2018. Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”.

Warta Pengabdian, 11 (4), 97–107. DOI: https://doi.org/10.19184/wrtp.v11i4.723.

Ratna  Yunita, W., & Susila Nindya, T. 2017. Association  Between  Breakfast  Habit,

Nutrition and Fluid Adequacy with Learning Concentration Of Elementary Students. Media Gizi Indonesia, 12, 123–128.